invisible hit counter
Pintermezzo

5 Makanan Buka Puasa yang Cuma Nongol Saat Ramadan

Saat puasa, ngomong soal makanan memang bikin semangat. Apalagi soal takjil yang kalau diterjemahkan dalam bahasa sehari-hari jadi makanan buka puasa.

Bagi beberapa orang, takjil saat buka puasa menjadi menu wajib. Bukan buka puasa namanya kalau nggak ada takjil dalam hidangan.

Tau nggak kamu, urusan takjil bikin banyak pedagang musiman yang ikut menjemput rejeki selama Ramadan? Ini nih, berkahnya Ramadan! Di jalan-jalan banyak pedagang dadakan yang jualan takjil. Bahkan, di berapa daerah biasanya membuka bazar khusus selama bulan Ramadan hanya di sore hari.

Satu lagi, menu buka puasa ini belum tentu ada di bulan lain. Cuma nongol saat Ramadan! Ih, jadi kepo kan?

Kolak, Favorit Makanan Buka Puasa

image : halodoc.com

Di Indonesia, kolak menjadi makanan favorit untuk buka puasa. Biasanya, begitu denger suara azan, orang akan minum dan nggak lama menyambar makanan satu ini.

Hampir semua daerah mengenal kolak dengan isi yang berbeda.

Kolak adalah makanan yang dimasukan dalam santan yang sudah dimasak bersamaan dengan gula merah atau gula aren. Isinya bisa macam-macam sesuai kesukaan kamu.

Ada kolak pisang, kolak ubi, kolang kaling, dan sebagainya.

Yang pasti, sebenarnya dengan minum air putih dan kolak aja kamu akan kekenyangan. Pasalnya, kolak mengandung banyak kalori dari gula dan santan. Belum lagi ditambah isinya yang juga banyak mengandung karbohidrat penghasil energi.

Kekentalan santan dan banyaknya gula yang dicampurkan dalam gula disesuaikan dengan selera pembuatnya.

Makanya, meski penjual kolak saat Bulan Ramadan, tetap saja pedagangnya laku. Setiap orang punya selera yang berbeda.

Pacar Cina yang Menggugah Selera

image : womantalk.com

Pacar cina bukan berarti kekasih hati yang merupakan ras Cina atau keturunan Cina atau pacar orang Cina. Kamu tahu dong apa maksudnya?

Pacar cina adalah makanan yang mudah kamu temui di saat Ramadan tetapi sulit ditemui di hari biasa.

Bahan utama makanan yang entah bagaimana mendapat nama pacar cina adalah tepung kanji. Itu menjadikan makanan buka puasa ini bertekstur lembut dan sedikit kenyal.

Yang unik dari pacar cina adalah warna-warninya. Ada yang putih, merah, hijau, dan pink. Pokoknya kalau dihidangkan akan membangkitkan selera.

Apalagi jika pacar cina ini dicampurkan dengan es yang bersantan di hari panas. Wah, bisa menetes air liur! Batal nggak ya puasanya?

Biji Salak, Makanan Buka Puasa yang Bikin Cape!

image : wanitaindonesia.co.id

Biji salak sebenarnya merupakan bagian dari kolak. Isiannya, disebut biji salak. Tapi jangan bayangkan kamu makan kolak dengan isi biji salak beneran lho! Nggak mungkin lah kamu nelen biji salak yang gede itu! Bisa-bisa kamu cuma minum air kolaknya aja!

Sama dengan pacar cina, nggak ada yang tau kenapa kolak ini disebut sebagai biji salak. Mungkin karena bentuknya bulat-bulat. Padahal, bentuknya nggak sebesar bijik salak beneran dan warnanya juga nggak kehitaman. Entah..

Biji salak terbuat dari ubi merah yang dihaluskan dan dicampur dengan sedikit tepung beras. Dengan campuran yang pas, adonan terus dibulatkan sesuai selera. Makanya, bikin kolak biji salak cape banget deh! Makannya cuma beberapa menit aja.

Timun Suri, Makanan Buka Puasa yang Menyegarkan

image : travelingyuk.com

Timun suri bentuknya seperti timun yang biasa kamu kenal. Hanya saja, warnanya kuning bagus dan lebih besar.

Petani timun suri selalu sengaja menanam buah ini mendekati bulan Ramadan sehingg bisa dipanen saat puasa.

Rasa timun suri yang manis dan menyegarkan membuatnya jadi menu pembatal puasa yang pas. Caranya juga mudah, tinggal memasukkan timun suri yang telah dipotong ke dalam campuran sirup.

Be te we, ngeliat timun suri yang warnanya kuning dan cukup besar mungkin nggak ya kalau timun ini adalah timun mas? Itu lho timun yang terkenal dalam dongeng Indonesia.

Kurma, Makanan Buka Puasa yang Disunnahkan

image : pegipegi.com

Makanan buka puasa terakhir yang hanya nongol saat Ramadan adalah kurma. Kurma yang ditanam di Timur Tengah ini banyak macamnya.

Energi yang dihasilkan kurma cukup banyak. Kamu cukup memakan satu sampai tiga butir kurma saat berbuka, maka energi akan pulih.

Konsumsi kurma saat buka puasa disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

So, udah tau dong makanan buka puasa apa aja yang hanya nongol di saat Ramadan? Mana dari makanan di atas yang kamu suka dan wajib ada?

Tapi guys, sebenernya nggak penting kan apa makananmu saat berbuka? Lebih penting, kamu menjalankan puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadan dengan lebih tenang dan fokus.

Selamat menjalankan ibadah Ramadan!

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed