invisible hit counter
Pintermezzo

5 Manfaat Kurma yang Ternyata Bagus Untuk Kesehatan

Kurma merupakan makanan khas Timur Tengah yang memang tumbuh di daerah yang gersang dan tandus. Meski di Indonesia kini sudah mulai dibudidayakan tetapi cukup sulit dengan kondisi tanah Indonesia yang agak basah. Namun, kurma adalah makanan Rasulullah ketika berbuka. Jadi, mengkonsumsinya termasuk sunnah. Selain itu manfaat kurma cukup banyak.

Beneran manfaatnya banyak? Iya dong! Kan semua yang dilakukan dan diajarkan Rasulullah selalu ada manfaatnya. Meski dulu tidak diketahui, namun saat ini banyak ilmuwan membuktikannya.

Ih, tapi kurma nggak terlalu enak. Nggak seperti buka puasa dengan takjil khas Indonesia, makan kolak, es, gorengan, dan lain-lain.

Wah, bukan nggak enak sebenarnya! Hanya lidah kamu aja yang nggak terbiasa. Manis kurma adalah manis alami. Bukan manis campuran yang mungkin terdapat pada makanan lain.

Biar kamu nggak mengelak lagi, ini penjelasan mengenai 5 manfaat kurma.

Manfaat Kurma Sebagai Pengganti Energi yang Hilang Selama Puasa

manfaat kurma
image : freepik.com

Adakah dari kamu yang nggak merasa lemes ketika puasa? Apalagi menjelang sore ditambah terik matahari yang bersinar. Dijamin nggak ada yang akan tunjuk tangan kalau ada pertanyaan itu.

Nah, kurma merupakan makanan yang cocok untuk menghasilkan energi dengan sangat cepat. Caranya juga nggak susah. Kurma nggak perlu dimasak dan diolah. Kamu bisa langsung memakan satu sampai tiga butir kurma yang sudah dibeli.

Kurma banyak mengandung zat penghasil energi. Dalam 100 gram kurma yang kamu konsumsi akan terdapat 73,5 gram karbohidrat, 7,5 gram serat, gula (glukosa dan fruktosa) 66 gram, protein 2 gram, dan lemak 0,45 gram. Dengan ini, maka manfaat kurma sangatlah dibutuhkan tubuh.

Satu lagi, disunnahkan pula oleh Rasulullah untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil saat sekali konsumsi. Ini dilakukan untuk menghindari terbentuknya glukosa dan fruktosa yang akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Dalam jumlah ganjil, gula tersebut langsung diubah menjadi karbohidrat dan menambah energi yang dihasilkan.

Satu buah kurma diyakini menghasilkan 23 kalori energi. Itu sebabnya pula, saat kamu sakit typus dan demam berdarah untuk mempercepat pemulihan banyak orang menyarankan untuk konsumsi sari kurma.

Khasiat Kurma dalam Menguatkan Tulang

image : freepik.com

Tidak hanya menghasilkan banyak energi, kurma juga mengandung selenium, mangan, magnesium, dan tembaga.

Itu semua zat yang dibutuhkan tubuh kamu untuk pembentukan tulang.

Makanya, manfaat kurma yang dimakan secara teratur adalah menguatkan tulang. Bagi kamu yang berjenis kelamin perempuan, nggak akan deh terkena pengeroposan tulang alias osteoporosis saat usia menua.

Manfaat Kurma Juga Baik Untuk Pencernaan

image : freepik.com

Apa makanan yang banyak kamu konsumsi saat sahur dan berbuka puasa?

Kebanyakan mungkin konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi. Bayangkan aja kalau kamu makan kolak setiap berbuka. Santannya menghasilkan lemak tinggi.

Kondisi seperti itu bagi beberapa orang akan menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Akibatnya, perut serasa penuh meski belum makan apapun.

Nah, kurma dapat menjadi solusi masalah satu ini. Kurma banyak mengandung serat. BAB akan lebih lancar.

Selain itu, kurma yang dimakan ditambah dengan minum air putih akan meningkatkan gerakan peristaltik usus atau gerakan usus halus untuk meremas-remas makanan. Akibatnya pencernaan akan lebih lancar pula.

Kurma Mengatasi Masalah Anemia

image : freepik.com

Anemia atau kurang zat besi bisa bikin badan kamu tambah lemes, tidak bertenaga, dan kurang bergairah. Kebanyakan penderitanya adalah kaum perempuan, meski beberapa di antaranya laki-laki. Dalam keseharian kamu mungkin mengenalnya sebagai kondisi kurang darah.

Banyak orang yang akan nyaranin kamu konsumsi daging kambing sebagai solusi anemia. Buat kamu yang ingin lebih praktis, makan kurma akan lebih baik. Kandungan zat besi untuk mengatasi anemia kamu sangat tinggi dalam kurma.

Manfaat Kurma Bisa Juga Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Jantung

image : freepik.com

Penyakit jantung dan kardiovaskuler atau penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah sangat ditakutkan. Menjadi penyebab nomor dua kematian di Indonesia. Siapa yang nggak khawatir?

Ternyata Rasulullah sejak lama sudah menyontohkan konsumsi makanan yang bagus untuk jantung, yaitu kurma. Lemak dalam kurma mengandung LDL dan dapat menurunkan HDL yang sering disebut kolestrol jahat.

So, udah tau kan manfaat kurma?

Mau dong coba kurmanya saat berbuka hari ini? Buat kamu yang nggak terbiasa, cukup satu aja dulu.

Rasakan dan buktikan! Oke guys?

Nayla Firdaus

Penulis dan blogger. Ibu dari 2 orang putra. Menyukai dunia kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed