invisible hit counter
Pintermezzo

8 Tipe Jamaah Shalat Tarawih yang Mungkin Kamu Temui

Ramadan bagi sebagian besar umat muslim merupakan bulan mulia. Bulan yang dinantikan kehadirannya setelah 11 bulan sebelumnya. Di bulan ini, Allah melipatgandakan pahala bagi orang yang beribadah. Ada pula ibadah khusus yang hanya ada di Bulan Ramadan. Salah satunya shalat tarawih.

Shalat ini sebenarnya termasuk shalat malam. Namun, di Indonesia biasanya diselenggarakan secara berjamaah setelah shalat Isya secara berjamaah.

Shalat yang disunnahkan selama satu bulan penuh ini memang terkadang melelahkan. Iya nggak guys?

Bayangin aja, setelah lelah seharian puasa, harus ditambah dengan shalat sunnah ini yang jumlah rakaatnya cukup banyak.

Ih, nggak banget deh.. Mungkin kamu kepikiran begitu.

Nah, berdasarkan hal tersebut, jadilah jamaah shalat tarawih punya seribu niat. Maksud hati pingin shalat sebenernya tapi malas. Ini dia 8 tipe jamaah shalat malam tarawih yang mungkin kamu temui atau kamu salah satunya!

Jamaah Shalat Tarawih yang Pingin Show Up

tipe jamaah shalat tarawih
image : freepik.com

Niat orang ketika shalat berbeda-beda. Salah satunya adalah yang tarawihnya buat show up atau sekedar nunjukin ibadahnya sama orang-orang. Jamaah seperti ini biasanya suka banget shalat berpindah-pindah masjid setiap hari.

Satu lagi, sesuai kebiasaan kamu yang suka banget foto, setiap shalat kamu akan foto dan bikin status di media sosial.

Jamaah Shalat Tarawih yang Hanya Ikut-ikutan

image : freepik.com

Ada pula jamaah shalat tarawih yang hanya ikut-ikutan. Nggak tau hukumnya secara jelas.

Misalnya, di masyarakat Indonesia rata-rata orang mengerjakan tarawih dua macam. Ada yang 8 rakaat tarawih dan 3 witir. Ada yang 20 rakaat tarawih dan 3 witir.

Kamu yang meyakini shalat tarawih 8 rakaat, umumnya pulang setelah 8 rakaat dan melanjutkan witir sendiri di rumah. Namun, ada pula yang cuma ikut pulang tanpa memahami. Witirnya nggak dilanjutkan di rumah.

Lebih parah lagi, ada pula orang yang melihat banyak orang pulang setelah 8 rakaat, orang ini pulang setelah 10 rakaat. Aneh kan? Padahal kan shalat tarawihnya 8 rakaat atau 20 rakkat? Nggak ada yang 10 rakkat.

Jamaah Shalat Tarawih yang Lebih Banyak Istirahat dan Makan

image : freepik.com

Ini lain lagi! Mungkin saat Maghrib, buka puasanya belum kenyang. He-he..

Akibatnya, saat tarawih dia bawa banyak makanan dan minuman. Ada pula yang jajan dulu setelah 8 rakaat dan kembali lagi, entah di rakaat ke berapa.

Jamaah yang Shalat Tarawih Hanya Saat Awal dan Akhir Ramadan

image : freepik.com

Nah, ini yang sering disebut sebagai puasa dan tarawih bedug. Puasa dan tarawih hanya saat awal dan akhir bulan aja. Tengahnya bolong.

Diakui atau nggak, ini yang paling banyak terjadi. Kamu semangat di awal Ramadan dan lelah saat pertengahan sampai akhir.

Masih mending kamu yang shalat tarawih lagi di akhir Ramadan. Kebanyakan masyarakat Indonesia di akhir Ramadan sudah sibuk. Sibuk belanja lebaran, sibuk masak, dan sibuk mudik.

Unik, ya?

Jamaah yang Bacaan Aminnya Sengaja Dipanjangkan

image : pixabay.com

Ini juga merupakan keunikan sendiri saat shalat tarawih berjamaah. Meski bacaan Al Fatihah shalat tarawih berjamaah sama dengan shalat lain, aminnya berbeda.

Entah dari mana asal mulanya, jamaah shalat tarawih banyak yang mengucapkan aamiin selesai imam membacakan surat Al Fatihah dengan sangat panjang. Bahkan sampai Imam sudah masuk membaca salah satu surat dalam Alquran.

Orang yang Di Masjid Hanya Sibuk Mengatur Anak-Anak

image : pixabay.com

Bagi anak-anak shalat tarawih merupakan kesenangan sendiri. Kesempatan untuk bersenda gurau di malam hari.

Buat beberapa orang tua, hal tersebut bagus sebagai bagian dari pendidikan agama. Yang lainnya menganggap anak-anak sangat mengganggu. Apalagi anak-anak kerap berisik saat shalat dilaksanakan.

Di saat ini biasanya ada saja jamaah yang kerjanya khusus mengatur anak-anak hingga shalatnya sendiri tertinggal.

Jamaah yang Sengaja Tertinggal

image : pixabay.com

Kadang bagi beberapa orang tarawih melelahkan. Jadi, saat imam sudah berdiri melanjutkan shalat, sengaja tertinggal alias masbuk.

Sebenarnya nggak masalah kalau kamu melanjutkan shalat sesuai aturan. Yang banyak terjadi adalah jamaah shalatnya tertinggal dan masuk di saat yang tidak tepat langsung mengikuti imam.

Jamaah yang Sengaja Berdesakan Agar Teman Shafnya Saling Menyenggol

image : pixabay.com

Jamaah shalat tarawih di hari-hari pertama Ramadan biasanya sangat penuh. Bagi yang iseng, terkadang ikut dalam shaf yang berdesakan dan sengaja agar saat sujud kakinya dapat menyentuh kepala shaf di belakangnya.

Ada-ada aja ya?

Kamu termasuk yang mana? Semoga kamu termasuk jamaah shalat tarawih yang benar ya? Yang paham hukum dan tata cara shalat tarawih.

Jadi, saat kamu tarawih 8 rakaat disertai alasan yang benar. Saat kamu lelah dan sengaja terlambat mengikuti imam, kamu jadi tau kapan harus masuk. Nggak masuk setelah imam rukuk dan langsung ikut serta. Itu berarti rakaat kamu berkurang.

Sayang kan udah cape-cape shalat tarawih tapi nilai ibadahnya nggak ada? Mendingan kamu tidur aja deh di rumah. He-he..

Kalau kamu lelah, boleh kok tarawih sendirian di rumah.

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed