invisible hit counter
Pintermezzo

Alasan Banyak Orang Ingin Anaknya Cepat Masuk Sekolah

Berapa usiamu waktu pertama kali mulai masuk sekolah formal atau sekolah dasar (SD)? Kurang dari 6 tahun atau lebih dari 7 tahun?

Kamu yang merupakan generasi Millenial, pasti ada yang masuk sekolah di usia kurang dari 6 tahun. Biasanya, ini dialami kamu yang mempunyai bulan lahir antara bulan Agustus sampai Desember.

Sekarang, aturan sekolah sudah mulai diperketat. Kamu nggak bisa masuk SD di usia kurang dari 6 tahun. Jika usia kamu sudah mencapai 7 tahun, untuk masuk sekolah negeri tidak perlu lagi tes.

Namun, meski sudah aturan tersebut dan disosialisasikan 6 tahun belakangan, masih banyak orang tua yang tidak mau terima. Di setiap sekolah selalu ada aja orang tua yang datang dan meminta (bahkan marah) karena anaknya tidak diterima dengan alasan usia.

Mereka bersikeras bahwa anaknya sudah dapat membaca, menulis, dan berhitung. Sekolah nggak punya alasan menolak.

Kenapa Orang Tua Ingin Anaknya Cepat Sekolah?

Banyak hal menjadi alasan orang tua ingin anaknya cepat sekolah.

Pertama, mereka tidak mau anaknya dianggap terlalu tua di kelas. Anak yang sekolah di usia lebih muda terasa membanggakan.

Adakah dari kamu yang ikut kelas akselerasi selama sekolah menengah? Bangga nggak kamu jadi murid paling muda di sekolah? Bagi beberapa orang, itu pertanda kamu lebih pintar dari teman-teman sebaya.

Apalagi jika kamu yang lebih muda ini ternyata lebih pintar dari yang usianya lebih. Wah, kebanggaan orang tua akan bertambah. Meski, beberapa dari kamu mencapainya dengan susah payah, mengorbankan semua waktu yang dipunyai untuk belajar dan mengikuti berbagai les.

Alasan kedua orang tua adalah menganggap anak sudah memiliki kemampuan dasar sekolah formal, yaitu membaca, menulis, dan berhitung. Padahal jelas, bahwa dalam aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwa anak yang kurang dari usia 6 tahun dan ingin masuk sekolah harus menyertakan surat keterangan dari ahli pertumbuhan dan perkembangan anak.

Keterangan yang menyebutkan bahwa kamu tidak hanya menguasai kemampuan dasar sekolah formal tetapi juga kesiapan mental di atas rata-rata.

Kenapa Usia Sekolah Seharusnya 7 Tahun?

Setiap aturan tentunya dibuat karena ada alasan yang baik.

Aturan usia masuk SD harus 7 tahun dibuat karena anak usia ini dianggap sudah mempunyai kesehatan mental yang baik. Mereka mampu mengendalikan diri, sifat hiperaktivitas di kelas sudah menurun dan mereka lebih fokus. Khususnya untuk sekolah-sekolah dengan jam belajar yang cukup panjang.

Pernahkah kamu melihat anak usia SD yang baru masuk dan masih ditemani orang tua kelas sampai berbulan-bulan? Atau kamu termasuk yang seperti itu? He-he.. Itu pertanda kamu belum siap secara mental menghadapi lingkungan baru.

Menurut Lukita Purnamasari kepada Sahabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, anak usia 5 sampai 6 tahun masih dalam tahap perkembangan sosial dan motorik. Sementara di sekolah formal guru sudah berkurang perhatiannya terhadap anak didik. Anak diharuskan lebih mandiri.

Sementara, menurut Dr Saptawati Bondosono, anak usia kurang dari 5 tahun masih dalam tahap menerima semua yang diperoleh dari sekitarnya. Jika dalam usia tersebut anak sudah sekolah SD, dia menerima lebih banyak pengaruh lingkungan. Akibatnya, ketika besar karakter anak mungkin berbeda dengan harapan orang tua.

Masih mau menyekolahkan anak di usia kurang dari semestinya?

Terlepas dari semua kata para ahli di atas, kamu yang paling tahu anak sendiri bukan? Jika memang memungkinkan boleh-boleh saja menyekolahkanya. Yang penting, kamu nggak boleh merampas masa kecil mereka dengan merampas aktivitas bermainnya dan mengganti dengan belajar terus.

Masa itu penting bagi anak dan akan dikenang sepanjang masa. Sering kan kamu mendengar seseorang yang sedikit bermasalah dengan tingkah lakunya, teman-teman menyebut masa kecil kurang bahagia?

Nayla Firdaus

Penulis dan blogger. Ibu dari 2 orang putra. Menyukai dunia kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed