invisible hit counter
Pintermezzo

Bukan Cuma Duit, 4 Softskills Ini Juga Modal Utama Jadi Pebisnis

Bisnis teman berhasil? Sekarang dia punya penghasilan jutaan dari bisnisnya. Padahal, kayaknya dia kerja dengan santai. Semua dilakukan dari rumah.

Guys, pernah nggak sih merasa begitu? Lalu terpikirkan pingin punya bisnis sendiri.

Hai, tapi setelah dipikir-pikir, kamu nggak punya duit buat modal. Kalau pun ada tanggung banget. Kayaknya nggak bisa deh berbisnis.

Ternyata, modal bisnis nggak cuma duit lho! Bahkan, duit bisa dibilang modal kesekian. Nggak perlu modal banyak untuk memulai bisnis. Kecil, lama kelamaan duit yang kamu tanam akan berkembang. Bisnis akan berkembang pula.

Nah, duit kamu akan menjadi modal yang besar kalau punya modal softskills yang dibutuhkan. Modal yang ternyata nggak semua orang memilikinya.

Modal yang membedakan pebisnis dengan orang lain.

Modal apa aja itu? Coba deh simak dan pikiran, sudahkah kamu memilikinya?

Berpikir Analisis

Pebisnis harus mampu berpikir analisis. Dengan berpikir analisis kamu dapat memprediksi dan membaca situasi dan memprediksi masa depan. Bukan maksudnya seperti peramal lho!

Kamu mau berbisnis pada awalnya pasti menentukan dulu, bergerak dalam bidang apa, produknya apa, bagaimana cara kerjanya (atau istilah kerennya SOP), dan lain-lain. Nah, semua itu disebut berpikir analisis.

Dalam hitungan kamu, bisnis ini pasti dapat laba.

Pedagang yang sering kamu lihat di sekitar juga menggunakan metode berpikir analisis. Hanya saja mereka tidak menyebutnya demikian.

Ketika awal mula membuka warung, misalnya mereka melihat prospek. Tidak ada warung di lingkungan. Jika ada, warung tersebut hanya buka pada jam tertentu. Atau pedagang tersebut melihat rumahnya dekat dengan sekolah, tempat les, dan sebagainya.

Mampu Menyelesaikan Masalah

Bisnis orang lain maju? Bukan karena tanpa masalah. Semakin besar bisnis, makin banyak masalah yang datang. Sama dengan kamu, tentunya. Semakin bertambah usiamu, semakin banyak tanggung jawab yang harus diemban, dan semakin banyak masalah yang menerpa. Coba bandingkan kehidupanmu ketika masih kecil dan sekarang!

Pebisnis yang berhasil adalah yang mampu menyelesaikan semua masalah yang datang. Mereka menganggap itu sebagai ujian agar naik kelas. Nggak ada orang yang bisa naik kelas tanpa ujian kan?

Contoh warung di sekitar dilihat secara sederhana sekalipun pernah punya masalah. Misalnya, warung ramai tetapi tidak ada pengelola tiap hari. Mencari pegawai toko sulit, dan sebagainya.

Komunikasi

Umumnya pebisnis adalah orang yang punya kemampuan komunikasi. Komunikasi dengan distributor, pelanggan, dan karyawan.

Kamu nggak mungkin jadi pebisnis kalau pendiam, pemalu, dan nggak cerewet. Konsumen akan senang jika mereka dilayani dan diajak berkomunikasi dengan mereka. Karyawan juga senang dengan bos yang merangkul mereka. Bukan bos yang cuma bisa teriak dan memerintah bawahannya.

Mampu Bernegosiasi

Softskills terakhir yang harus kamu miliki adalah mempu bernegosiasi dengan siapa saja.

Secara sederhana, berdagang butuh orang yang bisa menawar dengan baik. Bisnis jasa dan produk besar butuh presentasi produk, dan sebagainya.

Kamu mau jadi pebisnis? Sudah punya keahlian di atas? Kalau belum, bukan berarti kamu nggak bisa lho!

Semuanya dapat dipelajari dengan sungguh-sungguh. Kelas untuk pebisnis sekarang banyak diselenggarakan secara online dan offline. Bahkan, ada yang bilang berbisnis bukan bakat, 75% nya adalah kemauan belajar dan kerja keras?

Percaya? Logikanya, siapa saja bisa kok jadi pedagang iya kan? Tidak perlu pendidikan khusus untuk hal tersebut.

Kamu yang mau belajar dan bekerja keras pasti bisa menghasilkan lebih dari berdagang.

Saat ini warung kamu cuma ukuran kamar, menjual sembako. Tidak lama, produk yang dijual akan semakin banyak, sampai akhirnya membuka toko bertingkat.

Modalnya keempat hal di atas. Modal duit akan bertambah kalau kamu punya hal tersebut.

So, sudah yakin? Banyak orang yakin, sembilan dari sepuluh pintu rejeki adalah dari perdagangan atau bisnis. Yuk, buka pintu rejeki kamu!

Anita Majid

Makan di tengah malam jauh lebih sehat dibanding makan di tengah jalan.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed