invisible hit counter
Pintermezzo

Cek 4 Fase Transformasi Digital Ini. Bisnismu Udah Sampai Mana?

Dunia bisnis dan digital semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Teknologi yang lebih dikenal dengan sebutan internet. Di mana siapa saja dan dari mana saja dapat dengan mudah berkomunikasi dan berhubungan.

Istilahnya, dunia dalam genggaman? Entah darimana asal kata tersebut karena kalau diartikan, nggak mungkin kan kamu menggenggam dunia yang luas ini? Rumah aja nggak bisa kamu genggam, iya kan?

Kembali ke layar perkembangan teknologi informasi, internet membuat kesempatan dunia usaha semakin luas. Siapa saja dapat dengan mudah memulai bisnis dan menjangkau konsumen dengan lebih banyak.

Bisnis dengan menggunakan internet ini sangat besar potensinya, karena pengguna internet di Indonesia terus bertumbuh positif setiap tahun. Diperkirakan ada sekitar 150 juta atau 56 persen dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Sangat potensial kan?

Namun, bisnis dengan menggunakan teknologi digital tidak dapat langsung kamu terapkan. Harus dimulai dari nol atau istilahnya bertransformasi. Setiap tingkatan transformasi menunjukkan tingkatan kemajuan bisnis yang berbeda.

Yuk, lihat empat fase transformasi digital dalam bisnis!

Fase ini biasanya dimiliki oleh usaha yang sudah lama dijalani namun masih belum menggunakan teknologi digital.

Fase Digital Indifferent

sumber: pixabay.com

Kamu yang berada di posisi ini sebenarnya udah tau tentang internet tapi masih ragu karena menganggap teknologinya susah, penggunaannya mahal, dan ribet prosesnya.

Fase Digital Observer

Sumber: pixabay.com
Sumber: pixabay.com

Tahapan ini sudah lebih maju. Kamu biasanya sudah menggunakan internet tapi masih fokus pada penggunaan praktis, taktis, dan fokus.

Bisnis yang memasuki tahap ini umumnya adalah sudah melewati fase sebelumnya. Kamu sudah mengetahui keuntungan dan fungsi internet untuk bisnis.

Pemula melek internet dan mempunyai bisnis dapat langsung masuk pada fase ini.

Contoh pebisnis fase ini adalah penjual makanan yang menggunakan jasa ojek online dan penjualan produk melalui e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Shope, dan sebagainya.

Fase Digital Challenger

Dalam fase ini, bisnis kamu berarti sudah menggunakan teknologi digital untuk semua bagian strategis dan otomatisasi.

Misalnya, kamu menggunakan teknologi digital untuk pemasaran, untuk penjualan, untuk mencari reseller, dan sebagainya. Semua aspek yang ada terintegrasi semua melalui teknologi terbaru.

Digital Native

Native berarti kunci, di mana bisnis sudah dalam tahapan paling tinggi menggunakan teknologi digital. Kamu sudah menggunakan internet pada setiap aspek, sampai pada pembayaran dengan tehnik online dan menggunakan jasa lembaga keuangan tertentu yang disebut dengan payment gateway.

Usaha yang termasuk fase ini juga terus melakukan inovasi tanpa henti. Mereka menggunakan internet untuk survey dan membuat produk baru.

Itulah empat tahapan transformasi digital.

Usaha atau bisnis kamu termasuk yang mana? Atau malah sama sekali tidak termasuk kategori di atas alias belum melek teknologi digital.

Wah kalau demikian, sebaiknya kamu harus segera memperbaiki strategi bisnis. Kalau nggak, kamu bisa ketinggalan dan kalah saing.

Teknologi digital akan memperluas jaringan pemasaran. Akibatnya tentu saja pelanggan atau konsumen lebih banyak datang. Artinya, untung yang kamu dapat bertambah banyak dari bisnis.

Nggak susah lho menggunakan teknologi digital dalam bisnia kamu! Siapa saja, asal mau belajar akan mendapatkan hasil.

Memang nggak langsung banyak sih tetapi secara bertahap akan terus berkembang. Bukankah di awal kamu membuka bisnis juga sama? Tidak ada seorang pun yang kenal produk kamu, sampai akhirnya konsumen datang silih berganti.

Jadi, mau bisnis kamu meroket alias cepat melesat? Yuk, belajar bersama tentang teknologi digital.

Sayang lho ponsel kamu jika hanya digunakan untuk main game atau berselancar di dunia maya.

Anita Majid

Makan di tengah malam jauh lebih sehat dibanding makan di tengah jalan.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed