invisible hit counter
Pintermezzo

Pohon Pertama di Dunia Nggak Bisa Diukur Usianya dari Cincin Lingkaran Tahun

Perhatikan pohon atau batang kayu yang ditebang, guys! Di bagian tengah batang dalam kamu akan lihat garis-garis berbentuk lingkaran. Warnanya lebih tua atau coklat dibandingkan warna bagian batang lain. Bentuknya melingkar seperti cincin. Cincin tersebut sering disebut sebagai cincin lingkaran tahun.

Iss, kayaknya obrolan hari ini rumit nih!

Ngomongin segala bentuk sains bisa bikin pusing kepala deh!

Jangan tutup dulu ya! Dijamin kamu nggak akan pusing baca yang satu ini.

Apa yang Dimaksud dengan Cincin Lingkaran Tahun?

cincin lingkaran tahun
image : grid.id

Dalam ilmu pengetahuan alam tumbuhan atau tanaman mempunyai pembuluh angkut yang fungsinya kayak darah di tubuh manusia.

Kalau darah berfungsi membawa sari-sari makanan ke seluruh tubuh, pembuluh angkut tumbuhan juga demikian. Tapi sistem tubuh tanaman lebih sederhana dibandingkan manusia! Lebih mudah dipahami dan dipelajari!

Nah, pembuluh angkut tumbuhan yang berperan sebagai organ transportasi ini ada 2 macam.

Pertama, namaya xilem. Xilem membawa semua zat yang dibutuhkan tanaman untuk fotosintesis dari akar ke daun. Zat tersebut, yaitu air dan berbagai mineral lain.

Kedua, namanya floem. Floem ini membawa zat yang dihasilkan saat fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

Pada tumbuhan dikotil atau berkeping dua, seperti mangga, rambutan, jambu, dan sebagainya; terdapat kambium di bagian tengah xilem dan floem.

Aktifitas atau kegiatan kambium yang bikin pohon bertambah besar dan bertambah tinggi.

Secara sederhana, kegiatan kambium ke arah dalam membentuk kayu, sementara keluar membentuk kulit.

Kegiatan pertumbuhan kambium tersebut dipengaruhi oleh musim. Saat musim kemarau, kambium menghasilkan warna lebih cerah, sementara di musim hujan lebih gelap.

Hal tersebut yang membuat bagian dalam berbeda-beda warna dan membentuk cincin.

Pada tumbuhan yang tidak punya kambium alias monokotil lingkaran tahun tidak ada. Yang terlihat adalah titik-titik yang menyebar.

Apa Fungsi Cincin Lingkaran Tahun?

image : bukalapak.com

Cincin lingkaran tahun terbentuk sesuai musim, kemarau dan hujan. Panas dan dingin.

Dengan kondisi tersebut, meski pohon sudah mati, para ahli dapat memperkirakan usia pohon.

Gimana caranya? Ya, dengan menghitung banyaknya cincin yang nampak.

Satu musim kan terjadinya hanya satu kali dalam setahun. Berarti satu cincin mewakili satu tahun.

Semakin banyak cincin lingkaran tahun yang terbentuk, usia pohon semakin lama.

Leluhur Pohon Tidak Punya Cincin Lingkaran Tahun

image : tokopedia.com

Pada bulan Mei tahun 2017, Universitas Card di Wales, Institute Geologi dan Palaentologi Nanjing di Cina, dan Universitas negeri New York melakukan penelitian bersama atas fosil tumbuhan yang ditemukan.

Fosil pohon yang ditemukan diyakini merupakan leluhur pohon modern yang ada sekarang. Hi hi.. Kayak manusia aja ya, pohon punya leluhur.

Namun, para peniliti menemukan bahwa leluhur pohon yang merupakan jenis Cladoxlopsid atau sejenis palem purba.

Pohon purba ini ternyata nggak memiliki cincin lingkaran tahun.

Pohon yang ditemukan di bekas pertambangan di wilayah New York ini diperkirakan berusia lebih dari 20 juta tahun yang lalu.

Lama banget ya?

Terus, kalau gitu ada berapa lingkaran tahun yang terbaca ya?

Ternyata palem pertama di dunia ini nggak punya cincin lingkaran tahun. Kalau pohon dipotong melintang nggak akan terlihat cincin sedikitpun. Yang terlihat justru titik-titik saja.

Kenapa Palem Purba Nggak Punya Cincin Lingkaran Tahun?

image : bukalapak.com

Berdasarkan penelitian dari institusi pendidikan di atas, xilem pada pohon palem ini bentuknya helaian. Nggak membentuk kayu seperti pohon saat ini.

Kambium ke arah dalam membentuk untaian atau helaian sempit. Berkasnya berbentuk bintik Dalmatian. Itu lho, anjing putih totol hitam yang terkenal serial filmnya!

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa palem purba ini batangnya membesar dengan cara batang tumbuh dalam batang agar nggak mudah patah.

Ketika pertumbuhan semakin besar, koneksi atau hubungan antar batang pecah atau terputus.

Chris Berry menyebutnya sebagai pohon yang merobek kerangkanya.

Itu sebabnya, nggak ditemukan cincin lingkaran tahun pada fosil tumbuhan. Lingkarannya terputus-putus. Akibatnya para ahli kesulitan menentukan usia pohon.

Perkiraan pohon hidup sekitar 350 juta tahun yang lalu berdasarkan benda-benda lain yang ditemukan sekelilingnya.

Hai guys! Gampang kan belajar sains? Apalagi jika dihubungkan dengan sejarah seperti saat ini. Sangat menarik tentunya mengetahui bahwa pohon pertama zaman dahulu nggak punya cincin lingkaran tahun.

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed