invisible hit counter
Pintermezzo

Dengan Wi-Fi Kita Bisa Punya Aliran Listrik

Dunia digital semakin tidak terbendung. Hampir semua orang di perkotaan menggunakan teknologi yang disebut internet ini. Bahkan masyarakat Indonesia termasuk pengguna internet terbesar di dunia. Cara mendapatkan internet salah satunya adalah dengan Wi-Fi, sebuah perangkat yang menggunakan aliran listrik.

Coba kamu hitung, berapa pengguna Wi-Fi di daerah tempat tinggalmu?

Di komplek-komplek perumahan, sebagian besar rumah tangga menggunakan jasa provider tertentu untuk mendapatkan Wi-Fi.

Jika di rumah sudah ada jaringan Wi-Fi, siapa saja dapat menggunakan internet.

Apa Sih Wi-Fi?

image : malesbanget.com

Wi-Fi termasuk salah satu perangkat elektronik, di mana penggunaannya masih menggunakan aliran listrik. Buktinya, kalau listrik padam Wi-Fi di rumah yang tidak menyimpan tenaga baterai ikut mati.

Fungsi Wi-Fi adalah mengirimkan dan menerima data.

Kalau kamu menggunakan internet untuk chat misalnya, kamu menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengirimkan dan menerima pesan, baik berupa tulisan, gambar, atau suara.

Prinsip kerja Wi-Fi adalah memancarkan gelombang elektromagnetik ke semua perangkat yang dapat menerimanya dengan kunci tertentu.

Ternyata, Wi-Fi tidak hanya mengirimkan data. Wi-Fi dapat juga mengirim energi.

Hal ini yang kemudian membuat beberapa orang melakukan penelitian tentang energi yang bisa menghasilkan aliran listrik.

Penelitian tentang Wi-Fi yang Menghasilkan Aliran Listrik

aliran listrik dari wifi
image : okezone.com

Penelitian tentang Wi-Fi yang dapat menghasilkan aliran listrik sudah beberapa kali dilakukan. Terakhir penelitian yang dipublikasikan dilakukan oleh peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat bekerjasama dengan Universitas Teknik Madrid, Spanyol.

Selain itu, penelitian juga dibantu oleh peneliti dari Universitas Charles III Madrid, Laboratorium Riset Angkatan Darat Amerika Serikat, Universitas Boston, dan Universitas California Selatan.

Para peneliti menemukan rectenna, rectifying antenna, sebuah alat yang dapat mengkonversi atau mengubah sinyal Wi-Fi yang ada di sekitarmu menjadi energi atau aliran listrik.

Prinsip kerja rectenna adalah menangkap atau memanen pancaran sinyal Wi-Fi yang menyebarkan energi gelombang elektromagnetik menjadi sumber daya listrik.

Gelombang elektromagnetik sendiri sebenarnya nggak cuma sinyal Wi-Fi lho! Ada beberapa di antaranya yang kamu kenal dan gunakan sehari-hari misalnya gelombang radio.

Rectenna, sebuah alat yang dikembangkan untuk menangkap semua gelombang elektromagnetik yang ada si sekitarnya.

Selanjutnya, rectenna mengubah gelombang elektromagnetik menjadi aliran listrik arus bolak balik (AC).

Nggak sampai di sini, antenna juga dihubungkan dengan alat atau peranti lain yang semikonduktor atau setengah menghantarkan listrik berbentuk dua dimensi dan sangat tipis.

Peranti atau alat tipis dengan ketebalan hanya 3 atom terbuat dari bahan molybdenum disulfide (MoS2). MoS2 kemudian mengubah arus listrik bolak balik yang masuk kepadanya menjadi arus listrik searah.

Arus yang terakhir diproduksi atau diubah inilah yang kemudian menjadi sumber daya perangkat elektronik atau memasok daya ke baterai.

Fungsi Aliran Listrik yang Dihasilkan Wi-Fi

image : okezone.com

Manusia terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

So, penemuan aliran listrik yang dihasilkan Wi-Fi juga pasti mempunyai manfaat dong!

Rectenna dapat digunakan pada alat listrik yang independen atau berpindah dengan pemeliharaan mudah. Contoh alat yang demikian, misalnya Internet of Thing (IoT), peranti cadangan (wearable atau tanpa kabel), dan alat kesehatan atau medis.

Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan dalam penelitian, dari Wi Fi yang memancarkan daya atau energi sebanyak 150 mikrowatt, rectenna mampu menyerap sebanyak 40 mikrowatt.

Energi yang diserap dan dihasilkan rectenna tersebut mampu menyalakan lampu LED dan ponsel.

Oleh karena itu, idealnya energi aliran listrik yang dihasilkan cukup untuk sumberdaya baterai, dan peralatan medis.

Energi dari Wi Fi untuk Peralatan Medis

image : teknologi.id

Saat ini sedang dikembangkan peralatan medis dengan energi aliran listrik dari Wi Fi yang bisa ditanam di tubuh dan mengirimkan data kesehatan ke layar komputer.

Sebuah terobosan yang sangat ditunggu karena pengembangan alat medis yang menggunakan baterai Lithium beresiko bocor dan menimbulkan racun dalam tubuh.

Hebat ya?

Ilmu pengetahuan selalu bertumbuh dan berkembang menjadi teknologi lebih modern. Mungkin suatu saat nanti sinyal Wi-Fi ini akan menghasilkan energi aliran listrik yang lebih besar.

Nayla Firdaus

Penulis dan blogger. Ibu dari 2 orang putra. Menyukai dunia kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi.

1 comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed