invisible hit counter
Pintermezzo

Dicerewetin Buat Buka Alas Kaki Saat Masuk Rumah, Bukan Tanpa Alasan

Pernah nggak dahulu saat kecil dan remaja kamu dicerewetin untuk buka alas kaki alias sepatu saat masuk rumah?

Saat sampai rumah, ibu selalu mengingatkan, “Jangan lupa sepatu dibuka dulu ya!”

Duh, padahal badan udah cape banget. Pingin buru-buru aja masuk dan istirahat. Buka sepatu bisa nyusul.

Apalagi kalau kamu pakai sepatu yang bertali kencang. Ih, ribet banget deh kalau harus buka sepatu!

Bukan cuma saat pulang dari bepergian, sekolah, atau ngantor. Kadang kamu udah mau berangkat pakai baju dinas lengkap. eh, ada yang tertinggal di rumah.

Akhirnya, masuk rumah deh tanpa buka alas kaki lagi.

Alasannya, cuma sebentar ini nggak apa lah!

Eit… Tunggu dulu! Ternyata ini bukan cuma sekadar ribet dan nggak! Bukan juga karena waktu pakai yang lama dan sebentar masuk dengan alas kaki.

Ada penjelasan medis atau kesehatan dibalik larang pakai sepatu dan sandal dari luar ke dalam rumah.

Buka Alas Kaki Penting Biar Kamu Masuk Rumah Nggak Bawa Bakteri Berbahaya

buka alas kaki
image : idntimes.com

Ih.. Masa sih segitunya!

Memang iya lho!

Coba kalau dipikir secara logika!

Sandal dan sepatu yang udah kamu pakai out door, sudah kemana saja? Apa aja yang diinjak, sengaja atau nggak sengaja?

Bener, alas kaki sudah membawa kamu ke berbagai tempat. Becek, berbatu, kotor, licin, dan sebagainya.

Dan… Semua yang kamu injak selama di perjalanan bisa menempel dalam waktu lama di sepatu.

Menurut penelitian dari Universitas Houston, Amerika Serikat sandal dan sepatu membawa bakteri yang mengganggu pencernaan. Empat puluh persen dari bakteri Clostridium difficale terbawa dari alas kaki. Demikian pula dengan bakter E.Coli penyebab diare dan sakit perut, sebanyak 20% terbawa di alas kaki.

Berdasarkan penelitian Universitas Arozona, Amerika Serikat dan The Rockport Company, 90% bakteri dari sepatu akan menempel di lantai atau karpet sebelum akhirnya manusia terinfeksi dan sakit.

Serem juga ya?

Buka Alas Kaki Mencegah Racun Masuk Rumah

image : grid.id

Penelitian Enviromental science dan Technology menambahkan alasan alas kaki harus dibuka saat masuk rumah.

Menurut data yang diterima, masuk rumah tanpa buka alas kaki dapat membawa residu beracun ikut serta masuk dan meninggalkan bekas pada sudut-sudut ruangan dan karpet.

Pusat Informasi Pestisida, Amerika Serikat bahkan mengaskan bahwa residu yang menempel pada karpet akan tahan lebih lama dapat menyebabkan gangguan kulit sampai gangguan pencernaan.

Kotoran Ikut Terbawa Masuk ke dalam Rumah Jika Kamu Malas Buka Alas Kaki

image : parenting.co.id

Bakteri dan residu yang beracun nggak kelihatan oleh mata kamu. Iya kan?

Bagaimana dengan kotoran yang menempel pada sepatu?

Tau dong, kalau sesuatu yang telah dipakai keluar rumah pasti kotor. Jangan kan sepatu yang dipakai sebagai alas kaki, baju kamu aja kotor.

Itu sebabnya baju yang dipakai dicuci kan? Meskipun kotorannya atau debu yang menempel di baju nggak kelihatan.

Kotoran di sepatu sebagiannya kelihatan. Kalau sepatu dan sandal tersebut kamu pakai ke dalam rumah, mungkin aja kotoran tersebut terlepas dan menempel di rumah.

Nggak percaya? Balik dan perhatikan bagian bawah sepatu atau sandal kamu.

Kalau kamu suka nonton film kisah penyelidikan kepolisian di Amarika Serikat, pasti deh sepatu kamu meninggalkan jejak di dalam rumah. Jejak yang ditempeli dari tempat asal atau tanah yang sebelumnya kamu datangi.

Nggak Buka Alas Kaki Berarti Kamu Nggak Menghargai Pemilik Rumah

image : winnetnews.com

Alasan selanjutnya kamu harus buka alas kaki adalah sopan santun. Khususnya kalau kamu bertamu.

Menurut desain interior dan penulis buku Truth, Myths, & Misconceptions, Jenny Nakao Hones, membuka alas kaki merupakan bagian dari sikap mengharai pemilik rumah.

Gimana nggak? Dia kan udah cape-cape membersihkan lantai rumah. Masa sih kamu tega mengotorinya?

Alas Kaki Bikin Bising

image : tribunnews.com

Sepatu pantopel alias sepatu berhak, sepatu bot, dan beberapa jenis sepatu lain akan mengeluarkan bunyi jika dipakai.

Nah, pakai sepatu demikian masuk ke dalam rumah bikin rumah jadi bising. Kamu mengganggu ketenagan orang yang sudah berada di dalamnya.

Jadi, masih enggan buka alas kaki saat masuk rumah? Ih.. Kamu keterlaluan kalau begitu.

Seharusnya justru kamu yang mengingatkan orang lain di rumah agar jangan lupa melepas sepatu dan sandal saat masuk.

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed