invisible hit counter
Pintermezzo
Kalau Kamu Pekerja Kreatif, Sering-seringlah Mandi

Kalau Kamu Pekerja Kreatif, Sering-seringlah Mandi

Pekerja kreatif adalah pekerja yang harus selalu menampilkan banyak ide baru dalam kesehariannya. Termasuk dalam pekerjaan yang memerlukan kreativitas adalah pencipta lagu, desainer, dan lain-lain.

Apa Hubungan Pekerja Kreatif dengan Mandi?

pekerja kreatif
image : freepik.com

Oh, ternyata maksud dari kata-kata pada judul di atas adalah bukanlah pada penekanan sering mandi dan efeknya bagi kesehatan. Namun, mandi merupakan saat yang tepat bagi kamu yang mengaku pekerja kreatif untuk mendapatkan banyak ide baru.

Benarkah demikian? Pastinya kamu pernah dengar dong bahwa seseorang seringkali mendapatkan ide dan memecahkan masalah ketika mandi. Yang paling terkenal adalah Archimedes, seorang Yunani penemu hukum gaya tekan ke atas pada air yang kemudian dikenal dengan sebutan Hukum Archimedes.

Archimedes mendapat ide dan jawaban atas berbagai pertanyaannya saat mandi dan berendam dalam bak. Di buku-buku ilmu pengetahuan alam sekolah dasar sering digambarkan Archimides keluar dari bak mandi dan berteriak,”Eureka! Eureka!”

Teriakan yang kalau di Bahasa Indonesiakan gaya Dora, film anak yang yang berasal dari Spanyol menjadi, “Berhasil! Berhasil!”.

Mengapa Berada di Kamar Mandi Penting Bagi Pekerja Kreatif?

image : freepik.com

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa seseorang berhasil memecahkan masalah dan muncul ide saat di kamar mandi. Disebutkan 72% orang menemukan ide brilian saat di sana. Apa penyebabnya? Kamu mau tahu dong!

Ide kreatif atau ide baru atau pemecahan masalah yang sulit timbul saat seseorang sedang melakukan aktivitas mandiri. Kegiatan yang hanya dilakukan sendiri tanpa gangguan orang lain di sekitarnya.

Nah, Banyak orang justru mendapatkan aktivitas mandiri saat di kamar mandi atau toilet, meski hanya beberapa menit.

Saat seseorang sedang sendiri, jauh dari keramaian maka dia akan berpikir jernih, lebih tertata atau runut, dan dapat memahami masalah dengan lebih baik.

Itu sebabnya, saat di kamar mandi masalah yang sulit tiba-tiba menjadi muncul pemecahannya.

Saat Mengguyur dan Menggosok Badan Pekerja Kreatif Lebih Rileks

image : freepik.com

Selain itu, ternyata salah satu kegiatan saat mandi, yaitu menggosok badan juga membantu menjernihkan pikiran.

Pernahkan merasakan saat air mengguyur badan dan kamu memakai sabun ke seluruh badan? Tiba-tiba pikiran kamu jadi rileks. Beberapa orang menandai pikiran yang rileks dengan senandung di kamar mandi.

Yes, gosokan pada seluruh tubuh dengan sabun efeknya sama dengan pijitan.

Pakar ilmu syaraf, Alice Flaherty, Shelley Carson, dan Jonah Lehner menyebutkan bahwa mandi mengeluarkan hormon bahagia yang disebut neurohormon dopamin. Hormon tersebut menggali alam bawah sadar yang sebelumnya tertekan. Ide yang awalnya tidak ada menjadi muncul.

Penyebab terakhir munculnya ide saat di kamar mandi terkait dengan aktivitas mandiri. Di kamar mandi tidak ada orang lain yang dapat menekan pendapat kamu. Tidak akan ada yang menyalahkanmu saat salah. Akibatnya, otak bekerja lebih liar dan lebih jernih.

Pekerja Kreatif, Yuk Mandi!

image : freepik.com

Jadi, saat kamu lelah dan banyak masalah, yuk mandi!

Mandi akan membuat badan kamu lebih segar. Apalagi saat di luar panas matahari terik.

Mandi akan membuat kamu lebih sehat karena pada dasarnya berarti membersihkan diri.

Yang paling penting adalah saat mandi pikiran kamu akan menjadi jernih. Hati yang sakit, pikiran mumet, dan badan lelah akan hilang seketika.

Harus diakui bahwa mandi dan di kamar mandi merupakan kegiatan me time yang sangat tepat. Apalagi buat ibu rumah tangga yang sibuk dengan urusan keluarga dan anak. Siapa sih yang tega mengganggu kamu saat berada di dalamnya? Pekerja kreatif sangat membutuhkan hal-hal seperti ini.

Jadi nggak salah dong judul artikel yang dibahas kali ini, kalau kamu pekerja kreatif sering-seringlah mandi! Eh, salah deh!

Meskipun mandi dan berada di kamar mandi akan menjernihkan pikiran, kamu tetap tidak disarankan mandi sesering mungkin kok! Mandi dua kali sehari sudah cukup!

Badan kamu juga nggak perlu digosok sengan sabun sering-sering. Lapisan kulit kamu yang paling atas dapat ikut hilang terbawa air. Tidak ada lagi perlindungan untuk bagian di bawahnya.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik bukan?

Nayla Firdaus

Penulis dan blogger. Ibu dari 2 orang putra. Menyukai dunia kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed