invisible hit counter
Pintermezzo

Kenapa Air Laut Asin? Ini 3 Penyebabnya!

Semua tahu bahwa air laut asin karena mengandung banyak garam. Petani garam memanfaatkan hal tersebut dan membuatnya sampai di dapur atau di meja makan. Namun, pertanyaannya kenapa air laut asin?

Kamu pernah dengar dongengnya? Air laut asin karena keserakahan seorang kakak terhadap adiknya dengan mengambil barang ajaib yang dimilikinya. Setelah itu, dia membawanya ke laut dan meminta produksi garam sebanyak mungkin tetapi tidak tau cara menghentikannya. Akhirnya si kakak meninggal karena kapal yang ditumpanginya tenggelam keberatan. Benda ajaib yang dimaksud sampai saat ini masih terus memproduksi garam sehingga air laut terus asin.

He he… Kalau dari cerita di atas, berarti dulu air laut nggak asing dong ya? Tapi, kamu nggak percaya dongeng kan? Ada penjelasannya secara ilmiah kenapa air laut asin.

Air Laut Asin Karena Merupakan Muara dari Sungai

air laut asin rasanya
image : pixabay.com

Kali ini kamu akan diajak berpikir sedikit. Nggak apa kan? Tiap hari juga mikir. Mikir makan, mikir mau minum apa, mikir pas main game, dan lain-lain. Bearti ajakan mikir kali ini gampang dong!

Pertama, kamu perhatikan peta. Kamu bisa buka peta wilayah mana saja. Di bagian daratan pada peta ada gambar garis berwarna biru yang biasanya menunjukkan sungai. Nah, semua sungai ini kalau kamu ikutin pasti akhir atau muaranya ke laut.

Air laut asin karena merupakan kumpulan dari berbagai sungai. Lho kok bisa? Air sungai kan nggak asin sama sekali? Ini penjelasannya.

Air yang berada di daratan semuanya berasal dari tanah atau kamu sering menyebutnya sebagai air tanah. Tapi bukan berarti air yang becampur dengan tanah lho!

Air ini disebut mata air dan munculnya dari tanah.

Tanah mengandung berbagai mineral. Salah satunya adalah garam. Ada yang pernah coba apakah tanah mempunyai rasa yang asing juga seperti garam? Hiks, nggak perlu lah! Kamu percaya aja deh.

Garam yang dimaksud berupa mineral-mineral pembentuknya seperti natrium dan kalium, misalnya.

Mineral yang dikandung oleh tanah, terserap oleh air ketika muncul di permukaan sebagai mata air.

Mata air mengalir menjadi aliran yang besar dan disebut sungai. Kemudian semua sungai bermuara menuju laut.

Air sungai yang mempunyai kandungan garam sedikit berkumpul semua di laut. Kumpulannya tentu menjadi banyak. Itu sebabnya air laut asin.

Air Laur Asin karena Ventilasi Hodrothermal

image : pixabay.com

Ventilasi hydrothermal, bahasanya susah banget ya? Kenapa ya para ahli sains seneng banget pakai nama susah? Padahal sesuatu kan bisa dijelaskan dengan bahasa yang sederhana ya?

Ventilasi hydrothermal ini misalnya, menunjukkan kondisi bagian dasar laut tertentu yang panas. Dasar laut yang panas ini dapat melarutkan berbagai mineral.

Coba aja, kamu punya garam kan di rumah? Garam lebih cepat larut pada air yang panas.

Dasar laut yang panas ini menambah kadar garam yang dimiliki air laut semakin tinggi.

Air Laut Asin karena Vulkanisme Bawah Air

image : pixabay.com

Sama dengan di daratan, dasar laut juga mempunyai bentuk tinggi dan rendah, termasuk aktivitas vulkanisme atau gunung berapi.

Aktivitas gunung berapi menyebabkan air di sekitarnya menjadi lebih panas dan menyerap banyak mineral. Akibatnya, sama dengan ventilasi hydrothermal. Kadar garam yang dikandung laut semakin besar.

Keduanya menjadi salah satu penyebab air laut asin.

Laut Mati Mempunyai Kadar Garam Tinggi

image : pixabay.com

Kamu suka mencari sesuatu lewat Google? Kalau kamu suka, coba deh ketik kata kunci kadar garam tinggi air laut. Di pencarian akan muncul nama Laut Mati.

Laut yang mengalir dari Yordania, Palestina, dan Israel ini sebenarnya lebih mirip danau. Hanya saja ukurannya sangat besar, 76 x 16 Km sehingga orang lebih senang menyebutnya sebagai laut.

Laut ini berasal dari retakan di lembah Sungai Yordan. Retakan menyebabkan air laut masuk ke daerah ini dan membentuk danau besar dengan kadar garam sangat tinggi.

Kadar garam di Laut ini sekitar 33,7 persen lebih tinggi 8 kali lipat dibandingkan danau lain. Saking tingginya kamu bisa mengapung di Laut Mati.

Kok bisa? Itu karena garam membuat berat jenis air laut lebih besar.

Kadar garam Laut Mati semakin tinggi karena airnya banyak menyusut karena penguapan. Air di sini kan nggak seperti laut asli. Nggak ada sungai yang bermuara.

So, guys gimana penjelasan tentang air laut asin ini? Sudah paham dong kenapa air laut asin?

Kalau kamu nggak percaya, coba deh ke laut dan minum sedikit. Kamu juga bisa kok menyusuri aliran sungai, untuk membuktikan bahwa muaranya ke laut. He-he…

Nayla Firdaus

Penulis dan blogger. Ibu dari 2 orang putra. Menyukai dunia kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed