invisible hit counter
Pintermezzo

Lagi Panas Terik, Kok Bisa Hujan Turun?

Pernah mendengar nasehat, tidak selamanya mendung berarti hujan dan kelabu? Ternyata, di kehidupan sehari-hari hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Tidak selamanya langit yang cerah menunjukkan hari tanpa hujan. Pernah bukan kamu merasakan matahari bersinar sangat cerah, tiba-tiba hujan turun? Bukan hari cerah yang tiba-tiba mendung. Hujan saat matahari masih terlihat.

Konon pada zaman dahulu masyarakat Indonesia menyebut hujan ini sebagai pertanda ada seseorang yang meninggal dengan mata terbuka. Lainnya menganggap bahwa hujan saat panas sebagai pertanda adanya tokoh masyarakat yang meninggal dunia. Hii.. Jadi takut ya kalau hujan turun di saat panas terik?

Dalam ilmu pengetahuan alam, hujan yang demikian disebut hujan zenithal. Sementara di beberapa wilayah Indomesia masyarakat menyebutnya berbeda-beda. Hujan panas disebut juga udan wewe atau udan kethek.

Apa sebutan hujan panas di daerah kamu?

Hujan Turun di Saat Panas karena Terbawa Angin

hujan turun saat terik panas
image : pixabay.com

Hujan di saat panas umumnya sering terjadi saat panca roba atau perpindahan musim hujan ke musim kemarau atau musim kemarau ke musim hujan.

Nah, di saat yang demikian saat kamu berjemur dapat terjadi hujan. Biasanya hujan turun ditandai dengan panas terik diiringi dengan angin yang cukup kencang.

Yes, awan hujan memang dibawa oleh angin dari daerah yang saat itu jauh dari tempat kamu. Di tempat kamu sendiri awan ini nggak ada. Angin membawanya dan langsung menurunkan hujan tanpa disertai mendung.

Hujan Turun karena Awan yang Sangat Tinggi

image : pixabay.com

Hujan panas juga dapat terjadi karena awan yang sangat tinggi dan menghilang atau tidak terlihat dari tempat kamu. Awan tersebut seakan tertutup oleh sinar matahari yang terik, bukan sebaliknya.

Awan yang tinggi lalu menurunkan titik-titik air dan terbawa oleh angin ke tempat yang sangat terik. Namun, titik-titik air juga dapat turun di tempat berada.

Setelah muncul hujan panas yang demikian, biasanya awan mendung baru turun meskipun hanya sesaat.

Hujan Turun karena Cuaca Sangat Panas

image : pixabay.com

Satu lagi, saat cuaca panas dan matahari bersinar terik seperti beberapa hari belakangan ini akan menyebabkan banyak penguapan air laut dan berbagai tempat lain. Akibatnya, pengumpulan awan lebih cepat terjadi. Pendinginan awan juga berlangsung sangat cepat.

Akibatnya, di bumi kamu akan merasakan cuaca yang berubah sangat cepat. Baru saja panas mentereng, tidak lama kemudian hujan turun sangat deras.

Apa yang Dapat Kamu Pelajari dari Hujan Turun Saat Panas?

image : pixabay.com

Hujan turun tiba-tiba saat panas kadang-kadang menjengkelkan karena kamu tidak siap. Kamu sedang berada di jalan dan tidak sempat berteduh. Nggak bawa payung, apalagi jas hujan. Nggak ada ojek dan becek, terus apalagi ya kata Cyntia Bella? He he…

Hujan ini bukan fenomena alam biasa. Hujan yang terjadi di depan matahari dapat menghasilkan pelangi lho! Tunggulah dari arah berlawanan datangnya matahari. Kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah di langit.

Pelangi yang timbul saat hujan reda jarang terjadi. Kamu tidak akan menemukannya di saat musim hujan seperti biasa.

Selain itu, udara yang sangat panas akan berubah jadi lebih sejuk. Kamu nggak akan mengeluh kepanasan seperti sebelumnya.

Intinya, segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Fenomena alam saja terdapat pengecualian, kamu juga.

Kamu dapat membayangkan atau memimpikan jadi apa saja. Dengan kerja keras, semuanya akan tercapai. Tidak selamanya matahari yang terik menghasilkan cuaca panas terus di siang hari dan sebaliknya bukan?

Alam sudah membuktikan hal tersebut.

Apalagi di tengah hujan turun yang konon mengandung misteri menurut masyarakat Indonesia ini, muncul pelangi.

Hal ini juga menandakan bahwa yang buruk tidak selamanya buruk selama kamu mau berubah.

Tidak perlu mendengarkan pendapat orang lain. Yang tahu hanyalah kamu sendiri. Buktikan pada dunia, siapa kamu dengan perbuatan dan prestasi.

Temukan apa yang kamu sukai dan konsisten dalam melakukannya. Niscaya kesuksesan akan diraih.

Bahkan sesuatu yang menurut orang lain kekurangan dapat kamu jadikan kelebihan lho! Misalnya, suara seseorang yang kurang bagus. Banyak MC yang kemudian terkenal dengan suaranya yang buruk tapi mengocok perut.

So, semoga sukses!

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed