invisible hit counter
Pintermezzo

Makanan di Luar Angkasa, Apa Saja yang Pernah ke Sana?

Makanan di Luar Angkasa, Apa Saja yang Pernah ke Sana?Apa yang kamu bayangkan tentang makanan di luar angkasa? Astronot mengonsumsi makanan beku, cairan, pasta, atau bahkan pil seperti dalam film-film luar angkasa? Bener nggak sih?

Kalau benar, Ih… pasti rasanya nggak enak banget! Makan tapi tidak merasakan apapun. Cuma mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan rasa kenyang. Padahal kan kalau di bumi, kamu makan sesuai selera.

Kasihan banget ya, para astronot yang demikian?

Makanan di Luar Angkasa Disiapkan untuk Para Astronot

makanan di luar angkasa
image : pixabay.com

Ternyata makanan di luar angkasa tidak seperti kebanyakan orang bayangkan. Mereka tetap bisa makan enak selama di sana.

Bahkan, dikabarkan bahwa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat yang kita kenal dengan sebutan NASA mempunyai tim khusus menyiapkan makanan. Tim ini tidak hanya ahli dalam membuat masakan yang mengundang selera dan bergizi tetapi juga paham mengenai pengemasannya.

Makanan yang sudah dibuat dengan berbagai bentuk oleh tim khusus NASA harus dipikirkan cara mengemas dan menyesuaikan dengan kebutuhan gisi.

Pengemasan penting karena perjalanan menuju angkasa cukup memakan waktu. Di sana makanan ini juga harus dapat disimpan dalam jangka waktu lama.

Sementara gizi juga dibutuhkan mengingat kondisi di luar angkasa berbeda dengan di bumi. Di tempat itu tidak ada gaya gravitasi sehingga seseorang tidak dapat tidur dan istirahat secara optimal. Kebutuhan kalori seorang astronot saja mencapai 3.000 kalori. Jauh di atas rata-rata kalori yang dibutuhkan manusia di bumi.

Makanan di Luar Angkasa Juga Harus Lezat Lho!

image : pixabay.com

Kelezatan termasuk sebagai pertimbangan pembuatan makanan. Mengapa? Ini bagian dari cara orang di bumi memberikan pelayanan kepada mereka yang bekerja di sana.

Mereka jauh dari keluarga dan bertemu dengan aktivitas yang sama setiap hari. Kewarasan harus terus dijaga, minimal sampai waktunya kembali ke bumi.

Makanan yang lezat juga mengobati astronot yang rindu masakan rumah dan keluarga.

Makanan yang sudah siap dikirim ke Pos Luar Angkasa Internasional. Di tengah angkasa tersebut terdapat ratusan astronot dari banyak negara.

Makanan di Luar Angkasa Apa Saja Jenisnya?

image : pixabay.com

Berdasarkan informasi di atas, koki para astronot berusaha membuat makanan yang pas untuk dikirim.

Eh, jangan salah lho para astronot ini gemar dengan makanan yang dikirim. Ikan khas India, crab cake, dan birthday cake, semuanya pernah dibuat dengan cara berbeda dari makhluk bumi.

Makanan di luar angkasa yang rutin dikirim, antara lain:

  • Permen lapis cokelat, sebuah usaha untuk menghilangkan kekhawatiran dan menghindarkan stress. Kamu pasti tahu bahwa ada zat yang terkandung dalam coklat yang membangkitkan hormon bahagia. Rasa coklat yang manis agak pahit juga hampir disukai semua orang.
  • Es krim kering, es krim lezat yang merupakan campuran susu dengan berbagai rasa sangat enak untuk dikonsumsi. Meski bentuknya padat, es krim akan meleleh saat masuk ke dalam mulut.
  • Jus jeruk yang terbuat dari bubuk.
  • Minuman bersoda juga dapat dinikmati di luar angkasa lho! hanya saja, minuman ini bentuknya bubuk seperti jus jeruk.
  • Kacang-kacangan yang dihaluskan dan dikemas. Jenis kacang yang paling sering diguanakan adalah buncis, dan kacang tanah.
  • Snack tetap dapat dinikmati dari luar angkasa. Tim yang menyiapkan menu sering kali membuat pudding cokelat, pai lemon, lauk khas India, dan pudding cokelat.
  • Mie instan dan sup adalah makanan yang paling populer di Indonesia. Kemasan mie instan juga bertahan lama.
  • Minuman berenergi dibuat juga kan agar astronot tetap fit selama di angkasa. Minuman berenergi yang baik seharusnya merupakan campuran buah, sayur, dan vitamin.
  • Penyedap rasa, seperti mayonaise, kecap, sambal, bumbu penyedap rasa, merica, dan lain-lain.
  • Makanan laut tidak ketinggalan pernah dikirim ke luar angkasa, seperti udang, cumi, dan ikan.

Ternyata makanan di luar angkasa tidak seperti dalam film-film, berbentuk seperti tablet dan tinggal ditelan. Makanan yang dikirim ke sana mempunyai banyak rasa seperti di bumi. Hanya saja mengalami pemanasan, pembekuan, dan pengemasan yang berbeda agar tahan lama.

Bagaimana, kamu mau juga mencoba makanan luar angkasa? Meski tidak banyak anak yang saat ini bercita-cita menjadi astronot, kamu dapat menjadi pengecualian. Nggak banyak lho astronot dari Indonesia! Berarti kesempatan kamu terbuka sangat luas. Yang penting ada kemauan dan kerja keras. Apapun yang kamu inginkan akan tercapai.

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed