invisible hit counter
Pintermezzo

Obat Manjur Susah Tidur, Ngeluarin Satu Kaki Dari Selimut

Malam semakin larut, tapi mata ngga kunjung ngantuk juga. Udah coba segala cara, dari cara lama seperti menghitung domba hingga mengantuk sampai melakukan aktivitas yang melelahkan.

Udah semakin malam dan berusaha buat memejamkan mata, tapi ngga kunjung tidur juga. Pernah ngga sih kamu mengalami yang kaya gini?

Segala cara udah dicoba, dari yang cara lama kaya menghitung domba hingga ngantuk datang, berdoa, sampai melakukan aktivitas yang sekiranya bakalan membuat lelah. Sssst.. jangan dulu bilang kamu kena insomnia sebelum membaca artikel ini, ya!

Sebab Kenapa Susah Tidur

Banyak hal yang bisa menyebabkan kamu buat susah tidur. Ada 4 kemungkinan penyebab kenapa kamu jadi susah memenjamkan mata.

Pertama, susah tidur karena alasan medis. Ini terjadi kalo kamu sakit. Sakit flu, demam tinggi, hidung tersumbat, dan sakit gigi menjadi contoh penyebab susah tidur. Susah tidur karena medis dapat diatasi dengan cara mengetahui penyebabnya. Sakit gigi diobati dengan obat penghilang rasa sakit dan mengunjungi dokter gigi keesokan harinya.

Kedua, kamu bisa susah tidur karena alasan mental. Kamu stress, ingat-ingat masa lalu yang ngga begitu menyenangkan, dan khawatir sama apa yang bakalan kejadian besok hari. Contoh penyebab nyata adalah kamu khawatir dengan ujian sekolah yang akan diadakan besok hari. Meditasi, menenangkan diri, doa, dan bersikap positif menjadi kunci cara mengatasinya.

Ketiga, kamu main ponsel atau gadget. Ini yang paling sering kamu lakukan. Sebenarnya, kamu sudah mengantuk awalnya tapi kamu terus mengintip Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Akibatnya, kamu seolah-olah segar kembali dan malah susah tidur. Jauhkan, ponsel dari dekatmu saat mau tidur. Dengan begitu, kamu bakalan terlelap dan ngga tergoda membukanya saat terbangun.

Terakhir, suhu udara yang terlalu panas dan dingin.

Ngeluarin kaki dari selimut supaya lekas ngantuk

Umumnya, susah tidur terjadi pada orang yang terbiasa berselimut saat mau tidur meski hari sedang panas. Kamu ngga menyadari hal itu. Setelah beberapa saat salah satu kaki dikeluarkan dari selimut, kamu akan lebih gampang terlelap. Kenapa bisa begitu , ya?

Selimut, apalagi yang terlalu tebal menyebabkan tubuh merasa kepanasan. Natalie Dautavich, salah seorang yang bekerja di National Sleep Foundation, Amerika Serikat mengatakan hal itu. Saat kaki dikeluarkan, walaupun cuma sebelah kaki, panas tubuh akan dikeluarkan.

Telapak kaki dan tangan ngga mempunyai bulu. Itu sebabnya, bagian dari anggota gerak tubuh ini dapat menyerap suhu udara di sekitarnya dengan lebih cepat.

Ngga cuma saat panas. Kamu bisa melakukan sebaliknya saat udara terasa lebih dingin. Telapak kaki dan tangan ditutupi kaus kaki dan sarung tangan untuk menahan panas tubuh ngga keluar. Selain itu, agar suhu dingin di sekitar ngga mudah terserap tubuh.

Ternyata sangat mudah bukan mengatasi gangguan susah tidur yang datangnya tiba-tiba? Apalagi saat cuaca panas seperti sekarang ini. Intinya guys, tidur merupakan istirahat yang terpenting bagi tubuh. Kamu harus menyiapkan diri mulai 2 jam sebelum tidur. Dengan begitu, tidur kamu akan lebih lelap dan berkualitas.

Di antara persiapan sebelum tidur adalah membersihkan diri, seperti sikat gigi, cuci kaki, cuci tangan, dan cuci muka.  Tidak bermaksud menggurui lho! Kamu coba deh rasakan sendiri. Ritual membersihkan diri sebelum tidur membuat tubuh lebih segar dan tidak terlalu panas.

Selain itu, hindari makan minimal 2 jam sebelum tidur malam ya! Jika kamu makan akan ada aktivitas pengolahan makanan dalam tubuh yang menghasilkan panas. Malah justru kamu akan lebih sulit tidur.

Lalu, apa tanda kalau tidur kamu berkualitas? Bangun pagi dengan kondisi segar.

Anita Majid

Makan di tengah malam jauh lebih sehat dibanding makan di tengah jalan.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed