invisible hit counter
Pintermezzo

Mau Jadi Vlogger Beken? Segini Nih Modalnya!

Guys, kenal dong dengan istilah vlogger, itu lho orang yang suka bikin video terus upload di Youtube dan bisa kamu tonton!

Dalam keseharian kamu lebih sering menyebutnya sebagai Youtuber. Wah Youtuber, kayak Atta Halilintar? Ih, kamu pasti mau banget jadi kayak gitu. Keren, terkenal, dan pastinya tajir alias banyak duit.

Tapi tunggu dulu! Untuk jadi Youtuber perlu proses panjang lho! Perlu kerja keras. Pastikan juga kamu termasuk orang yang suka menciptakan sesuatu. Bukan sekedar menonton Youtube aja. Jadi, channel kamu isinya dipastikan nggak akan sama dengan orang lain.

Langkah Jadi Vlogger Beken

Buat kamu yang punya cita-cita jadi vlogger atau Youtuber, pastikan kamu tahu langkah apa aja yang harus diambil. Nah, mulai dari sekarang langkah tersebut harus dibuat sedikit-sedikit.

Atta butuh waktu beberapa tahun lho hingga punya subscriber mencapai 10 juta!

Bikin Akun dan Chanel Youtube

Kamu nggak akan bisa upload video kalau nggak punya akun. Jadi, buatlah akun dulu di Youtube, sama seperti kamu daftar akun lain, seperti Gmail, facebook, twitter, dan sebagainya.

Caranya juga gampang banget. Ikutin aja langkah-langkah yang ada!

Bikin Akun Adsense

Apa tuh Adsense? Adsense adalah layanan Google yang ngasih kamu pemasukan berupa iklan di Youtube dan blog. Dengan mendaftarkan akun Adsense, jika jumlah video sudah cukup banyak di channel, kamu sudah bisa pasang iklan.

Nggak ada persyaratan berapa subscriber yang harus dimiliki agar terpasang iklan di channel kamu. Namun, kalau kamu berada di posisi pengiklan nggak mau dong pasang di channel yang hanya ditonton sedikit orang? Semakin banyak subscriber kamu, maka semakin mudah dapat pengiklan dari Adsense.

Tentukan Target Penonton

Siapa penonton kamu akan menentukan video yang kamu upload. Misalnya, kamu punya target muslimah usia muda, maka video bisa berupa tutorial hijab dan motivasi.

Bikin Video Berkualitas

Tahap akhir, tentu saja kamu harus bikin video berkualiats, upload dan promosi.

Biaya Jadi Vlogger Beken

Lalu, berapa biaya jadi vlogger beken? Untuk yang satu ini, coba kamu hitung sendiri ya jumlahnya dari uraian di bawah ini.

Kamera

Kamera yang bagus akan menentukan hasil gambar video yang kamu buat.

Untuk ini kamu bisa beli model kamera apa saja, DSLR atau Go Pro. Sesuaikan saja dengan kantong! Kamera dengan harga sekitar 10 juta rupiah biasanya sudah cukup bagus.

Tripod / Tongsis

Pasti kamu kenal dengan alat satu ini. Tripod atau tongsis digunakan agar hasil gambar kamu stabil, tidak bergoyang.

Harganya nggak terlalu mahal lho! Sekitar satu juta aja!

Microphone

Microphone digunakan biar suara yang dihasilkan bagus, jernih, dan jelas. Harganya juga tidak mahal. Kamu sudah bisa punya microphone bagus dengan dana kurang dari 1 juta.

Lighting

Kamu pasti pikir kamera yang ada sudah punya pencahayaan bagus. Namun, untuk gambar yang lebih ciamik dibutuhkan lighting khusus. Lighting dapat disetel sesuai kebutuhan. Enak kan?

Lighting harganya hampir sama dengan microphone sekitar 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

Laptop

Laptop dibutuhkan biar kamu bisa edit video yang dibuat, membuang gambar yang tidak bagus dan tidak perlu, serta menambahkan suara.

Untuk edit video kamu butuh laptop dengan RAM yang besar. Umumnya laptop di kisaran harga 5 juta mempunyai spesifikasi yang cukup untuk ini.

Bagaimana? Sudah dihitung?

Kamu masih merasa modal yang dibutuhkan cukup besar? Jangan khawatir, tidak punya peralatan bukan berarti kamu nggak bisa kreatif.

Gunakan ponselmu. Ponsel zaman now punya sepesifikasi yang memadai untuk foto dan edit video. Untuk pertama, itu bisa digunakan. Peralatan di atas, bisa kamu beli dengan menyicil sedikti demi sedikit.

So, Guys! Keterbatasan modal jangan jadikan penghalang untuk maju ya!

Anita Majid

Makan di tengah malam jauh lebih sehat dibanding makan di tengah jalan.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed