invisible hit counter
Pintermezzo

Mengakali Penggunaan Listrik Biar Kantong Nggak Jebol

Cara mudah mengakali penggunaan listrik – Pernahkan kamu perhatiin tagihan listrik tiap bulan? Kerasa nggak kalau tiap bulan selalu bertambah. Apalagi kalau pas tarif dasar listrik juga naik. Wah, emak-emak biasanya yang paling pusing. Pusing mikirin cara mengatur keuangan rumah tangga agar cukup untuk sebulan.

Sebenarnya ada lho cara mengakali penggunaan listrik biar kantong nggak jebol. Caranya mudah dan sederhana. Yang penting kamu membiasakan diri untuk melakukannya.

Mengatur Penggunaan Lampu untuk Mengakali Penggunaan Listrik

mengakali penggunaan listrik
image : tokopedia.com

Mengatur penggunaan lampu merupakan cara yang paling efektif biar tagihan listrik kamu stabil.

Matikan lampu saat sudah tidak digunakan. Jangan biasakan lampu tetap menyala saat hari sudah siang.

Begitu pula di malam hari. Jangan nyalakan semua lampu ketika penghuni rumahmu sudah tidur. Cukup biarkan lampu menyala di halaman, di ruang tengah, dan ruangan yang diperlukan.

Mencabut Steker Listrik Saat Tidak Digunakan Sangat Menghemat

image : beritasatu.com

Kelihatannya mencabut steker listrik hal yang sepele. Tapi pengaruhnya cukup besar ke tagihan bulanan lho!

Steker yang sering kamu biarkan menempel di stop kontak, biasanya charger hp dan televisi. Padahal, tiap jam charger ponsel kamu menyumbang tambahan 1 watt. Steker televisi yang nggak kamu cabut lebih besar lagi pengaruhnya, 15 watt per jam.

Benda-benda elektrik yang stekernya terus menempel seperti vampire. Menghisap energi listrik yang ada tanpa disadari.

Benda lain yang bikin tagihan bulanan kamu bertambah saat nggak dicabut stekernya adalah laptop yang mengambil daya 50 watt per jam, komputer meja atau desktop 20 watt per jam, dan modem internet 4 watt per jam.

Mengakali Penggunaan Listrik dengan Lampu LED

image : denkinosm.com

Lampu LED atau Light Emiting Diode merupakan lampu yang berwarna putih jika menyala. Sementara lampu pijar biasanya mengeluarkan warna kuning.

Penggunaan lampu LED akan menghemat banyak energi listrik karena 7 watt-nya sudah setara dengan 60 watt lampu pijar terangnya. Ini cara paling efisien mengakali penggunaan listrik karena lampu banyak digunakan di rumah.

Mengatur Penggunaan Alat Elektronik

image : cermati.com

Di dalam rumah sehari-hari pastinya nggak mungkin bisa lepas dari yang namanya alat elektronik. Nah, untuk menghemat kamu harus mengatur penggunaannya. Terutama untuk alat elektronik yang menggunakan daya listrik besar.

Mengatur penggunaan alat elektronik, misalnya mematikan televisi saat tidak ada yang menonton, mengatur waktu penggunaan AC, menggunakan tendon untuk menampung air, mengoptimalkan air dingin dari kulkas dibandingkan menyalakan dispenser, dan mengatur penyalaan water heater atau pemanas air untuk mandi.

Menyetrika dan mencuci dengan mesin cuci dalam jumlah sedikit tapi sering juga termasuk boros energi.

Menggunakan Alat Elektronik dengan Daya Rendah

image : pricebook.co.id

Saat kamu membeli alat elektronik baru, daya listrik atau watt yang digunakan harus diperhatikan. Jangan salah beli hanya karena mereknya saja. Sekarang ini banyak diproduksi alat elektronik dengan daya listrik yang cukup rendah, khususnya untuk pendingin ruangan, kulkas, dan mesin cuci.

Membeli produk yang berdaya listrik rendah termasuk cara mengakali penggunaan listrik.

Menggunakan Panel Surya

image : rooang.com

Kamu pernah dengar panel surya? Itu lho sejenis alat yang dapat menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Contoh panel surya yang paling sederhana ada pada kalkulator tenaga surya.

Di rumah kamu bisa menggunakan ini. Meski harganya masih cukup mahal tetapi hasilnya seimbang untuk mengurangi tagihan listrik bulanan. Panel surya yang biasanya diletakkan di atap rumah dapat menghasilkan energi listrik yang cukup untuk sehari.

Menghemat Listrik Secara Alami Juga Termasuk Mengakali Penggunaan Listrik Lho!

image : tokopedia.com

Langkah terakhir adalah dengan menghemat listrik secara alami. Ini dapat dilakukan sejak kamu akan membangun atau merenovasi rumah.

Kamu dapat membuat ruangan-ruangan dengan ventilasi cukup biar nggak perlu sering menyalakan AC dan kipas angin. Selain itu, kamu juga dapat membuat rumah dengan penerangan yang cukup dari sinar matahari atau bulan di bagian-bagian tertentu.

Wah repot juga ya menghemat listrik? Nggak usah deh, kamu masih punya cukup uang kok untuk membayarnya.

Tunggu dulu! Menghemat listrik nggak cuma untuk menghemat uang kamu.

Menghemat listrik berarti kamu memberi kesempatan kepada tempat-tempat lain yang masih kekurangan. Masih banyak lho wilayah di Indonesia yang nggak kebagian listrik. Kasian kan mereka yang tinggal di sana?

Satu lagi, hemat listrik berarti kamu juga mengurangi polusi yang dihasilkan. Polusi karbondioksida yang diproduksi dari listrik sangat besar dan membuat bumi semakin panas. Tahun 2017 saja diperkirakan listrik menghasilkan 37 miliar karbondioksida.

Sekarang aja udah panas banget, nggak terbayang deh kalau bumi semakin panas. Iya kan?

Jadi guys, mengakali penggunaan listrik akan menjaga kantongmu nggak jebol juga ikut memelihara bumi tercinta.

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed