invisible hit counter
Pintermezzo

Misteri Lagu Nina Bobo yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Pernah dengan Lagu Nina Bobo? Pasti deh, kamu pernah mendengarnya waktu masih kecil. Dinyanyikan oleh ibu atau kamu pernah mendengarnya dari orang lain.

Nadanya yang cukup lambat dan syairnya yang sederhana membuat lagu ini nyaman didengar. Kamu yang saat itu masih balita dengan mudah tertidur.

Selain itu, lagu juga cepat dihapal. Anak yang sering diperdengarkan lagu ini saat akan tidur mungkin menyanyikan Lagu Nina Bobo sebagai lagu pertama.

Tapi, tahukah kamu darimana sebenarnya asal mula lagu ini? Siapa yang menyanyikannya pertama kali? Nggak ada yang tahu secara pasti. Namun, di masyarakat beredar kisah tentang asal muasal Lagu Nina Bobo yang cukup bikin bulu kuduk merinding.

Lagu Nina Bobo Pertama Kali Disenandungkan

lagu nina bobo

Versi kisah Lagu Nina Bobo yang paling terkenal dimulai dari zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Itu pun tidak diketahui tahun berapa tepatnya. Bisa jadi ratusan tahun lalu, saat Belanda pertama kali menginjakkan kakinya di Indonesia.

Namun, ada kemungkinan saat Beberapa tahun sebelum Jepang hadir di Indonesia sebagai penjajah. Artinya umur lagu belum sampai ratusan tahun. Hai, kenapa jadi pusing memikirkan waktunya?

Dikisahkan ada sebuah keluarga Belanda Jawa, yaitu Van Rodjnik dan Mustika yang mempunyai seorang anak bernama Helenina dan dipanggi Nina.

Nina termasuk bayi yang sulit tidur sehingga berbagai cara dilakukan untuk membuatnya tertidur. Sampai pada akhirnya, Mustika menyenandungkan sebuah tembang tanpa syair yang membuat Nina tertidur.

Menyenandungkan lagu ketika Nina akan tidur menjadi sebuah candu tersendiri bagi Nina dan Mustika. Nina tidak dapat tidur tanpa mendengar lagunya, sementara Mustika merasa itu sebuah keharusan.

Suatu saat Van Rodjnik membuatkan syair pada lagu yang disenandungkan. Itulah lagu yang kamu kenal sekarang… Nina bobo.. Kalau tidak bobo digigit nyamuk.

Lagu Nina Bobo Diperdengarkan untuk Nina yang Sudah Meninggal

image : pixabay

Untung tidak dapat diraih malang tidak dapat ditolak, begitu pepatah yang sering kamu dengar. Begitu pula nasib keluarga kecil Belanda-Jawa ini.

Di usia 6 tahun, Helenina, puteri semata wayang akhirnya meninggal dunia karena sakit.

Vand Rodjinik dan Mustika sangat sedih. Bahkan, disebutkan bahwa Mustika sangat terguncang.

Suatu kali Van Rodjnik memergoki Mustika menyanyikan Lagu Nina Bobo di kamar mandi dan mengatakan bahwa dia mendengar Nina menangis minta diperdengarkan lagunya.

Sejak saat itu, setiap malam Mustika memperdengarkan lagu Nina yang selalu terdengar menangis. Hal ini dilakukan selama beberapa tahun sampai akhirnya Mustika menyusul puterinya.

Ketika Mustika sudah tiada, Van Ridjnik merasakan kejadian yang sama dengan Mustika. Dia mendengar Nina menangis minta diperdengarkan lagunya. Van Rodjnik pun menyanyikan lagu Nina sampai meninggal.

Kisah yang tragis banget ya?

Versi Lain Lagu Nina Bobo

image : pixabay

Di atas telah disebutkan bahwa kisah asal Nina Bobo ada beberapa versi. Semua versi yang sebenarnya berbeda ternyata menyeramkan. Termasuk versi ini.

Dikisahkan Nina Mijk adalah nama anak dari keluarga musisi Belanda yang cukup terkenal dan tinggal di Indonesia.

Suatu waktu, Nina yang cantik berteriak-teriak, marah, menangis, dan mengumpat-umpat. Masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai kesurupan.

Orang-orang yang takut kemudian memasung Nina. Ayah Nina menjadi orang pertama yang meninggalkan Nina, diikuti dengan yang lain. Akhirnya Nina dan ibunya tinggal sendiri di rumah.

Suatu malam, Nina menghentikan teriakannya. Ibunya yang kepo, mendatangi dan melihat Nina menangis. Nina mengatakan sangat lelah dan ingin dinyanyikan sebuah lagu agar tetidur.

Ibu Nina akhirnya menyanyikan lagu yang kemudian kamu kenal sebagai Nina Bobo. Saat diperdengarkan lagu, Nina tertidur dan tidak pernah bangun lagi.

Benarkah Misteri Lagu Nina Bobo yang Beredar?

image : pixabay

Pertanyaan tersebut tidak ada yang dapat menjawabnya dengan pasti. Namun, mengingat banyaknya versi ada kemungkinan misteri Nina Bobo hanya mitos belaka. Sebuah cerita yang entah dengan maksud apa akhirnya beredar di masyarakat Indonesia.

Kamu jadi merinding dan takut? Jangan khawatir, dari dulu kamu sering mendengarkan lagu tersebut dan tidak ada kejadian apa-apa bukan? Segala sesuatu tergantung apa yang kita pikirkan. Toh, itu hanya mitos.

Kalau kamu masih takut juga, gantilah nama Nina di Lagu Nina Bobo menjadi nama lain sesuai yang mendengarkannya. Kamu juga bisa mengganti lagu jelang tidur dengan senandung shalawat atau tembang Jawa lain.

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed