invisible hit counter
Pintermezzo

Momen Puasa yang Bikin Kangen Saat Kecil

Ramadan datangnya hanya satu bulan dalam setahun. Menurut Ustadz, momen puasa ini seharusnya kamu manfaatin sebaik-baiknya. Melatih diri agar di bulan-bulan setelahnya menjadi pribadi yang lebih baik.

Cieeguys, apa sih arti Ramadan bagi anak kecil, khususnya anak sekolah dasar?

Bulan Ramadan bagi anak kecil juga ditunggu-tunggu lho! Ingat nggak kamu juga menunggunya?

Wah kalau kamu nggak ngerasa senang dan menunggu saat Ramadan tiba, berarti masa kecil kurang bahagia tuh.. He he.. Pasalnya, banyak banget momen puasa saat kecil yang bikin kangen. Pengalaman yang hampir sama pada setiap anak.

Jalan-Jalan Setelah Subuh Jadi Momen Puasa Nggak Terlupakan

momen puasa saat kecil yang bikin kangen
image : freepik.com

Zaman kamu kecil, mungkin suasananya nggak seperti sekarang. Televisi dan internet udah jadi bagian yang nggak bisa ditinggalkan. Saat sahur, buka, sampai setelah shubuh selalu ada acara menarik yang bikin kamu betah nonton berjam-jam.

Nah, dulu anak kecil mengisi waktu puasa dengan jalan-jalan setelah shubuh. Apalagi dulu bulan puasa biasanya libur sekolah lebih banyak. Kamu nggak terbebani dengan pelajaran sekolah. Asyiklah dengan kegiatan bersenang-senang.

Uniknya, usia sekolah dasar kan kamu udah jadi remaja alias abege! Jalan-jalan bukan cuma buat olah raga dan ngisi waktu. Kamu bisa janji ketemuan sama si dia yang lagi ditaksir alias pedekate..

Yang belum berani janji ketemu, saat jalan shubuh biasanya dipakai buat lirik-lirikan. He he.. Bagaimana ya status puasa saat itu? Mudah-mudahan nggak cuma sekadar menahan lapar dan haus. Namanya juga belajar.

Yang pasti, momen puasa ini nggak terlupakan seumut hidup, wabil khusus bagi kamu yang baru kenal cinta pertama.

Meski nggak seramai dulu, anak-anak kecil sekarang juga masih suka jalan-jalan setelah shubuh.

Main Petasan dan Dimarahi Orang yang Dijahili

image : freepik.com

Nggak diketahui darimana asal mulanya. Puasa di Indonesia identik dengan petasan dan kembang api. Bahkan, petasan menandakan puasa semakin dekat.

Namun, petasan ini biasanya dimainkan segerombolan anak laki-laki. Kalau kamu jalan-jalan shubuh dan melihat gerombolan ini, hati-hati deh! Mereka suka jahil melempari pengguna jalan dengan petasan kecil. Kebayang kan kalau kaget?

Kamu juga dulu begitu kan? Rasanya seneng banget kalau ada yang kaget karena petasan yang dilempar.

Pernah nggak dimarahi orang tua yang kebetulan lewat?

Meski momen ini nggak semuanya tergolong indah, terutama saat ada orang yang marah karena petasan kamu, momen puasa dengan main petasan juga nggak akan terlupakan.

Tarawih dan Tadarus Bersama di Masjid

image : freepik.com

Satu lagi yang menjadi momen puasa yang kamu tunggu adalah tarawih dan tadarus bersama di masjid. Bukan karena kamu pingin ibadah sebenarnya. Kamu seneng banget datang ke masjid untuk sekadar bergurau dan bercanda bersama teman-teman sebaya. Seakan waktu main seharian masih kurang.

Buat beberapa orang apa yang kamu lakukan nggak masalah, yang penting kamu senang dan betah di masjid. Tapi sebenarnya kamu sangat menggangu konsentrasi orang yang shalat lho!

Bagi abege yang saat jalan-jalan shubuh lirik-lirikannya masih kurang, momen puasa dan tarawih di masjid jadi ajang pertemuan tanpa janjian.

Jaburan Menjadi Momen Puasa yang Jadi Ajang Silaturahim

image : freepik.com

Jaburan artinya makan-makan di saat tarawih usai. Momen in ditunggu karena semua orang yang datang bisa makan hidangan yang disediakan secara bergilir oleh warga di sekitar masjid dan mushola.

Yang nggak habis dipikir, perut kamu masih muat terus untuk menampung makanan. Padahal kan kamu baru aja berbuka puasa di rumah. He he..

Nggak apalah, yang penting acara jaburan yang udah nggak ada zaman sekarang ini harus jadi momen puasa yang kamu tulis di buku harian. Di sini kamu bisa silaturahim dengan semua orang di kampung.

Acara makan saat Nuzulul Qur’an diadakan atau pas tanggal 17 Ramadan saat ini mungkin mirip dengan jaburan.

Momen Puasa saat Mengisi Buku Agenda Tarawih

image : freepik.com

Kamu pernah tau dengan buku agenda tarawih atau puasa ini? Nggak semuanya berbentuk buku sih ada juga yang berbentuk lembaran.

Yang jelas, buku ini yang bisa bikin kamu rajin shalat di masjid. Gimana nggak? Kamu diharuskan mengisi semua kegiatan selama Ramadan, mulai dari shalat 5 waktu, tadarus, tarawih, dan lain-lain. Yang paling nyusahin versinya kamu, buku tiap hari harus ditandatangani Ustadz yang jadi Imam. Repot banget ya?

Makanya, kamu rajin shalat ke masjid. Meski kamu cuma shalat Isya dan nggak tarawih full, yang penting nggak bohong-bohong amat kan? He he..

Itulah guys, 5 momen puasa yang patut dikenang. Pastinya, kamu punya momen puasa sendiri selain yang di atas.

Momen nggak terlupakan yang bikin kamu jadi kayak sekarang. Meski agak bandel, kamu jadi rajin puasa kan? Momen yang ngangenin ya?

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed