invisible hit counter
Pintermezzo

Mudik Lebaran Nggak Cuma Ada di Indonesia

Lebaran sebentar lagi. Bukan cuma tradisi baju baru dan hidangan ketupat yang menjadi ciri khas di Indonesia. Mudik lebaran menjadi fenomena tersendiri.

Kamu satu dari jutaan orang yang mudik saat lebaran? Hmmm.. Apa yang paling kamu kenang?

Bagi orang yang nggak punya kampung halaman atau nggak pernah mudik, pasti mikir. Kok mau-maunya ya orang macet berjam-jam dan menghabiskan banyak uang hanya untuk pulang kampung?

Yah, kamu nggak tau rasanya sih! Ada sensasi tersendiri ketika kamu berhasil melalui segala rintangan mudik dan sampai kampung halaman. Bertemu dengan orang yang dicintai dan berlebaran dengan mereka.

Jadi, kalau cuma macet berjam-jam dan kehabisan bensin di tengah jalan? Itu mah cuma ujian kecil!

Tau nggak kamu, tradisi mudik lebaran ini ternyata nggak cuma ada di Indonesia lho!

Di negara lain ada juga fenomena mudik ini. Ada yang melakukannya sama dengan di Indonesia, yaitu mudik lebaran ada pula yang melakukannya di saat berbeda.

Yuk, simak negara mana saja yang mengenal tradisi mudik!

Mudik Lebaran di Malaysia

image : tribunnews.com

Negara serumpun Malaysia memang mempunyai banyak kesamaan tradisi dan budaya.

Saat lebaran, warga di sana juga mengenal istilah pulang kampung atau mudik lebaran. Meski nggak semacet jalan-jalan di Indonesia, mudik di Malaysia juga membuat kepadatan di ruas-ruas jalan raya.

Selain saat lebaran, masyarakat Malaysia juga pulang kampung saat Tahun Baru Cina.

Mungkin itu sebabnya di sana nggak macet ya? Mereka balik kampung, begitu istilahnya, di saat yang berbeda-beda. Ada yang saat lebaran, ada pula yang nunggu tahun baru Cina alias imlek.

Mudik Lebaran Ala Bangladesh

image : tribunnews.com

Masyarakat Bangladesh ada yang beragama Islam dan nggak. Kebanyakan beragama Hindu.

So, mereka nggak mudik di saat lebaran. Mereka mudik di saat perayaan agama Hindu.

Di sana kereta menjadi sarana angkutan andalan.

Saat mudik, kamu akan lihat kereta yang penuh sesak. Nggak hanya di dalam kereta tetapi juga di bagian atas gerbong.

Ih, padahal berbahaya banget ya?

Mudik Tahun Baru di China

image : kompas.com

Bagi rakyat Cina yang jumlahnya terbesar di dunia, sekitar 1,3 miliar, mudik juga menjadi saat yang ditunggu-tunggu. Mereka melakukannya saat tahun baru.

Kamu bayangkan saat mudik. Stasiun, terminal, dan jalan raya penuh sesak. Bahkan beberapa foto mudik di Tiongkok menunjukkan jalan raya menjadi lautan motor saking padatnya!

Mudik Lebaran di Beberapa Negara Islam

image : keepo.me

Negara yang penduduknya mayoritas Islam, selain Indonesia sebagian besar juga punya tradisi mudik lebaran.

Negara tersebut, misalnya Yordania, Pakistan, Turki, Nigeria, Arab Saudi. Perbedaannya hanya terletak pada antrian kendaraan. Nggak sebanyak dan sepanjang di Indonesia.

Bagaimana Tradisi Mudik Negara Eropa dan Amerika Serikat

image : brilio.net

Di mana saja kamu berada, ternyata keluarga memang menjadi tempat kembali dari segala kebisingan di luar.

Berkumpul dengan keluarga merupakan hiburan tersendiri.

Nggak terkecuali di Eropa dan Amerika Serikat yang negaranya lebih modern.

Di Eropa orang akan pulang untuk mudik dan berkumpul dengan keluarga saat natal tiba.

Coba aja tengok berbagai kisah natal di televisi! Kamu akan lihat orang-orang di sana pulang saat jelang natal. Apalagi di sana, biasanya natal bertepatan dengan musim dingin yang memang menjadi saat liburan panjang.

Warga Amerika Serikat sedikit berbeda. Mereka akan mudik saat hari Thanks giving tiba. Hari ini bisa disebut sebagai hari keluarga. Hidangan khasnya adalah kalkun yang dipanggang.

Bagaimana Awal Tradisi Mudik Lebaran di Indonesia

tradisi mudik lebaran
image : gridoto.com

Tradisi mudik sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit. Udah lama banget ya?

Nama mudik berasal dari bahasa Jawa, yang dipanjangkan menjadi mulih dilik dan artinya pulang sebentar.

Saat itu, mudik digunakan sebagai kesempatan untuk membersihkan makam leluhur.

Nah, mudik lebaran yang seperti sekarang mulai dikenal sejak tahun 1970an.

Urbanisasi atau perpindahan orang desa ke Jakarta secara besar-besaran ke Jakarta yang menjadi ibu kota negara penyebabnya. Mereka yang datang ini kemudian selalu pulang kampung saat libur lebaran tiba.

Sebagai hasil jerih payah selama di Kota Jakarta, mudik dilengkapi dengan oleh-oleh.

Guys, apa arti mudik bagi kamu?

Selamat lebaran dan hati-hati di jalan ya!

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed