invisible hit counter
Pintermezzo

Musti Ngebut Saat Melintasi Rel Kereta

Berita tentang kecelakaan di rel kereta api sering kali terdengar. Penyebabnya bervariasi, namun ada beberapa hal yang dapat disimpulkan bahwa pengemudi melanggar pintu penutup lintasan dan mesin kendaraan yang mati tiba-tiba. Oleh karena itu, banyak orang kemudian mengatakan bahwa jika kamu musti ngebut saat melintasi rel kereta. Benarkah?

Musti Ngebut Saat Melintasi Rel karena Bermagnet

musti ngebut saat melintasi rel kereta api
image : pixabay.com

Matinya mesin kendaraan saat melintasi rel kereta dapat dijelaskan secara sederhana berdasarkan ilmu sains. Bukan karena sesuatu yang misterius atau mistis lho!

Pada dasarnya, kereta api yang sering disebut juga lokomotif dapat berjalan di atas rel dengan prinsip magnet. Kereta menciptakan medan magnet yang cukup kuat dalam jarak tertentu sehingga kereta yang panjang tetap berada di lintasannya dan melaju.

Tentu saja, bagian yang disebut medan magnet ini cukup kuat menarik logam lain. Kereta saja dapat ditarik, apalagi benda yang lebih kecil?

Kekuatan medan magnet dari kereta bertambah besar seiring dengan banyaknya kereta yang menggunakan tenaga listrik, yang disebut kereta listrik. Elektromagnet yang dihasilkan listrik menambah kekuatan yang sudah ada.

Gelombang elektromagnet dari kereta dapat menyebar ke daerah yang dilaluinya, tidak hanya pada rel.

Jika kamu berada di sekitar rel saat kereta lewat, perhatikanlah bahwa beberapa saat akan ada gangguan pada ponselmu, radio, dan televisi. Gangguan akan menghilang saat kereta berlalu.

Medan magnet sangat besar pengaruhnya bagi semua benda yang berada di sekitar kereta.

Elektromotor pada kendaraan yang berfungsi menghidupkan mesin dapat ikut terganggu. Itu sebabnya mesin kamu bisa mendadak mati saat melintas rel kereta, di mana kereta sudah dekat.

Untuk menghindari mobil berhenti di tengah rel maka kamu musti ngebut.

Musti Ngebut Saat Melintasi Rel karena Temperatur Mobil Mungkin Panas

image : pixabay.com

Selain karena adanya medan magnet atau electromagnet dari kereta, mesin yang mendadak mati saat melintas rel kereta juga dipengaruhi oleh temperatur.

Ini akan menambah kesulitan kamu untuk menghidupkannya kembali.

Temperatur kendaraan, baik itu motor maupun mobil dapat meningkat saat lalu lintas macet, udara panas, dan sistem pendingin terganggu. Saat kondisi ini, logam pada mesin memuai. Akhirnya mesin mati.

Keadaan dapat diperburuk dengan lemahnya pembangkit listrik yang biasa kamu sebut aki. Aki yang tidak terawat menyebabkan kendaraan mudah mati.

Bagaimana Mencegah Kecelakaan Saat Melintasi Rel Kereta? Musti Ngebut?

image : pixabay.com

Kamu pastinya nggak mau dong mengalami kecelakaan seperti yang sering diberitakan?

Tapi, kalau ternyata memang rel kereta mengandung magnet yang dapat mematikan mesin mobil, apa bisa dihindari?

Jawabanya pasti bisa. Buktinya nggak semua kendaraan yang lewat mati mesinnya bukan?

Buat kamu yang mau tau cara menghindari kecelakaan di rel kereta, di bawah ini caranya.

  • Kamu harus melintas lebih cepat saat menyebrangi rel kereta. So, berarti benar ya judul di atas? Musti ngebut saat melintasi rel kereta.
  • Jangan pernah melanggar pintu rel kereta. Alarm penanda kereta datang dan pintu ditutup sudah diperkirakan jaraknya. Kereta yang masih jauh tidak akan memancarkan geleombang elektromagnetik yang besar.
  • Jangan panik saat kendaraan tiba-tiba mati di tengah rel. Posisikan mobil kamu dalam kondisi netral, lalu gunakan rem tangan. Setelah itu, kamu bisa mendorong mobil secepat mungkin keluar rel. Kalau kereta sudah dekat, tinggalkan mobil. Sayang mana, nyawamu atau mobil?
  • Perhatikan selalu indikator temperatur motor atau mobilmu. Jika sudah menunjukkan angka yang cukup tinggi, berhentilah sejenak sebelum melewati rel. Lebih baik terlambat daripada mogok di tengah rel. Seharusnya saat melintasi rel, kendaraan bisa diajak ngebut bukan malah berhenti.
  • Terakhir, rawatlah selalu kendaraan yang kamu gunakan. Keselamatan kamu dan seluruh penumpang sesuai dengan kondisi mobil. Aki mobil misalnya, gantilah dengan teratur karena berhubungan dengan kinerja mesin. Aki yang sudah melewati batas dan belum diganti dapat mengakibatkan pembuangan zat tidak berguna mesin terhambat, mesin berkarat, dan tidak berjalan lancar.

Nggak sulit bukan menghindari kecelakaan di rel kereta? He he.. Musti ngebut benar adanya. Namun, satu hal yang paling penting, memahami dan menaati peraturan lalu lintas akan membuat perjalananmu selamat.

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed