invisible hit counter
Pintermezzo

Ternyata Nama Pluto Diusulkan oleh Seorang Anak Berusia 11 Tahun

Guys, sebelum tahun 2006 ilmu pengetahuan mengakui ada 9 planet dalam tata surya tempat kamu tinggal. Planet terakhir, terkecil, dan terjauh mempunyai nama Pluto.

Penelitian yang terus dikembangkan menunjukkan bahwa planet ini sangat kecil. Ilmuwan menyebutnya sebagai planet kerdil. Sampai akhirnya penelitian menunjukkan bahwa Pluto tidak memenuhi syarat sebagai planet. Benda langit ini lebih cocok disebut sebagai asteroid.

Tapi, artikel kali ini nggak akan membahas tentang Pluto dan berbagai cirinya. Berat banget… Lebih berat dari rindunya Dilan. He he.. Nggak ada hubungannya ya?

Terus apa dong yang mau dibahas? Mau tau banget? Baca terus ya!

Planet X yang Belum Diberi Nama

image : pixabay.com

Sampai awal abad ke-20, Planet Uranus masih merupakan planet terluar dalam tata surya yang disebut Bima Sakti.

Banyak ahli terus melakukan penelitian tentang keberadaan benda-benda di luar angkasa. Apalagi setelah manusia dapat mendaratkan kakinya di bulan.

Salah satu ahli tersebut adalah Percival Lowell. Percival terus melakukan perhitungan agar manusia dapat mengamati sampai jauh setelah Uranus. Percival meyakini ada sesuatu dengan planet terjauh pada masa itu.

Akhirnya di tahun 1915, para astronom atau peneliti luar angkasa menemukan adanya sebuah planet baru yang diberi nama Planet X.

Pengamatan yang berhasil tersebut terjadi Observatorium Lowell di Arizona, Amerika Serikat.

Nama Pluto Diusulkan oleh Anak Kecil

planet terkecil memiliki nama pluto
image : pixabay.com

Sampai tahun 1930, planet baru masih disebut Planet X dan tidak mempunyai nama. Namun, pemberitaan tentang perkembangan penelitian terhadap planet terus dipublikasikan.

Seorang kakek yang bernama Falconer Madan, Pustakawan Oxford, Inggris, membacakan berita tentang Planet X di tengah keluarganya yang sedang sarapan.

Cucu kakek, Venetia Burney, yang lahir 11 Juli 1918 mendengarkan penuh minat. Ketika belum selesai membacakan berita, Venetia mengusulkan nama Pluto untuk Planet X kepada kakeknya.

Usulan yang mungkin jika disampaikan pada orang lain akan dianggap remeh dan dianggap tidak serius. Tidak demikian dengan Madan. Kakek Vernetia benar-benar mengajukan nama Pluto kepada para astronom yang melakukan penelitian.

Arti Nama Pluto

image : pixabay.com

Meski berasal dari seorang anak kecil tanpa ayah yang sudah meninggal sejak dirinya berusia 6 tahun, nama Pluto bukan sembarangan.

Venetia memang sangat menyukai mitologi Romawi dan Yunani. Jadi, nama Pluto ada dasarnya, dong. Sama dengan orang tua kamu yang memberi nama, sesuai dengan kecocokan sifat dan harapan mereka terhadap dirimu di masa depan.

Kembali ke tulisan! (Mau niru gaya Tukul untuk bilang kembali ke laptop khawatir ada yang protes karena menjiplak ehe~).

Pluto adalah seorang dewa yang merupakan penguasa dunia bawah. Dewa ini berhasil membuat dirinya diam dan tidak terlihat oleh Dewa Matahari.

Nama yang sangat cocok menggambarkan planet yang memang jauh dari matahari dan hampir tidak terlihat.

Planet Kronos

image : pixabay.com

Awalnya Planet X ingin diberi nama Planet Kornos, nama Dewa juga dari mitologi Yunani, sebanding dengan nama planet lain.

Penggunaan nama Kronos tidak jadi digunakan karena tidak sesuai dengan sifatnya. Dalam mitologi, Dewa Kronos setara atau sebanding dengan Dewa Saturnus.

Nama Pluto Disetujui

image : pixabay.com

Nama untuk Planet X dibawa oleh kakek ke salah seorang astronom temannya, bernama Turner. Turner kemudian mengajukannya pada astronom yang berada di Laboratorium Powell.

Akhirnya para ilmuwan sepakat untuk menggunakan sebutan Pluto pada Planet X.

Menurut para ilmuwan nama tersebut sangat cocok dengan sifat planet yang jauh berselimut es, dingin, dan gelap.

Sementara, kata pertama dan kedua P dan L menunjukkan insial Percival Lowell sebagai penghormatan. Lowel telah meninggal dunia 14 tahun sebelum planet yang ditelitinya ditemukan.

Apalah arti sebuah nama, pepatah sering mnyebutkan. Padahal nama sangat penting dan menunjukkan ciri khas kamu.

Apa kesimpulan yang dapat kamu ambil, Guys? Yes kehebatan anak yang ngasih nama Pluto. Kepercayaan diri untuk mengusulkan sebuah nama pada ilmuwan yang pastinya keren-keren. Tentu saja keberhasilannya didukung oleh keluarga.

Satu yang harus dicatat keberanian Venetia Burney bukan tanpa dasar. Dia adalah anak cerdas dengan keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Pengetahuannya sangat luas karena kesukaannya akan membaca.

Sebuah kesukaan yang nggak akan merugikan kamu, pastinya! Kalau nggak percaya, tekuni aja selama satu minggu. Pasti ada manfaatnya!

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed