invisible hit counter
Pintermezzo

Nuklir, Bom Membentuk Awan Jamur

Guys, sebenernya ngomongin nuklir atau bom atom sampai saat ini masih mengerikan ya? Nggak terbayang deh jika ada lagi negara yang menggunakannya dalam perang. Dampaknya bisa puluhan tahun. Warga yang nggak berdosa menanggung akibatnya. Bom membentuk awan jamur ini emang serem ya?

Lho kok bom membentuk awan jamur sih?

Iya benar. Kamu searching aja gambar yang menunjukkan ledakan bom nuklir atau bom atom.

Di bagian atas ledakan selalu terlihat asap yang membumbung tinggi dengan bagian atas melebar (topi atau payung jamur) sementara bagian bawah ke atas seperti batang jamur.

Perhatikan dengan teliti! Benar kan? Atau kamu nggak pernah lihat jamur juga? He he..

Bagaimana Bom Membentuk Awan Jamur?

bom membentuk awan jamur
image : portonews.com

Ketika bom dijatuhkan, terjadi ledakan yang maha dahsyat! Selain terdengar ledakan, bola api yang berisi gas-gas menyebar ke segala arah di permukaan atmosfir bumi.

Gas yang dihasilkan dari bom lebih panas dari udara sekitar. Namun, kerapatannya lebih kecil.

Akhirnya, bom gas naik ke atas, mencari udara yang kerapatannya sama dengan yang dimilikinya.

Nah, gas yang naik ke atas ini membentuk awan topi atau payung jamur.

Bagaimana dengan Batang Jamur?

image : inilah.com

Kembali perhatikan gambar ledakan bom nuklir membentuk awan jamur!

Nggak cuma bagian atas jamur yang dibentuk dan mirip topi atau payung udara di bagian bawahnya.

Dari bawah sampai payung gas membumbung lurus mirip batang jamurnya.

Kenapa bisa terjadi?

Hmm.. Bola gas yang naik masih meninggalkan udara panas di sekelilingnya. Udara tersebut ikut naik ke atas.

Sambil naik ke atas, meski panas tekanan udara sangat rendah. Asap dan gas di luar udara yang naik ikut tertarik bersama.

Akibatnya akan terlihat udara di sekitar seperti tersedot dan naik membentuk cerobong asap menuju puncak topi.

So, dari jauh ledakan mirip banget batang dan topi jamur sekaligus.

Bagaimana Gas Radioaktif dari Bom Membentuk Jamur Bisa Menyebar?

image : merdeka.com

Semakin lama, topi atau payung jamur nampak melengkung ke bawah.

Terjadi perbedaan suhu yang sangat jauh ada di pusat topi dan bagian luar.

Pusat topi lebih panas dan terus naik lebih tinggi.

Sementara, bagian luar gas mengalami kenaikan panas lebih lambat dibandingkan dalam.

Gas bagian bawah atau dalam batang jamur terus terjebak di dalamnya, tetapi batang semakin meninggi.

Pada jarak tertentu ketinggian atmosfir, gas panas yang naik ke atas bertemu dengan udara yang kepadatannya sama.

Nah, pada saat inilah gas berhenti naik.

Gas mulai menyebar dan meninggalkan bom membentuk awan jamur yang terbentuk.

Awalnya, topi jamur bertambah lebar dan megah sampai kemudian hilang sama sekali.

Bagian yang tampak menakjubkan inilah yang sangat berbahaya.

Zat radioaktif nuklir yang awalnya hanya mengenai wilayah yang terkena bom, menyebar luas puluhan kilometer di sekitarnya.

Dampak yang sulit dibayangkan, kenapa ada orang yang mampu menciptakan bom membentuk awan jamur?

Penjelasan Awan Membentuk Jamur Secara Ilmiah

image : sindonews.com

Hi hi… secara ilmiah bagaimana lagi ya? Padahal dari tadi sudah ngomongin gas yang naik ke udara, meski tanpa mengemukakan teori.

Justru itu, jangan sampai bom membentuk awan jamur yang terjadi di atas karangan belaka. Mungkin aja kan ada yang bilang begitu?

Teorinya, bom nuklir dapat membentuk awan jamur disebut ketidakstabilan Rayleigh – Taylor.

Teori ini mengatakan bahwa dua buah zat yang digabungkan dan berbeda kerapatannya akan meledak dan membentuk awan di sekitar.

Adapun kebesaran awan yang dibentuk tergantung pada dahsyatnya panas yang dihasilkan.

Perhatikan bahwa letusan gunung berapi juga sama dengan bom membentuk awan jamur. Hanya saja awan yang dihasilkan lebih kecil.

Selain bom membentuk awan jamur, sering kali di sekitar tutup jamur juga tebentuk cincin.

Cincin ini terbetuk karena daerah di sekitar gas mempunyai tekanan yang rendah, suhu lebih rendah, dan titik kondensasi lebih rendah. Gas ini membentuk awan sendiri yang disebut awan temporer atau sementara.

So guys, demikianlah sedikit uraian singkat tentang bom membentuk awan jamur. Awan yang dihasilkan dari ledakan sangat dahsyat. Ledakan dan bom yang sedapat mungkin harus manusia hindari karena dampaknya yang sangat berbahaya bagi kehidupan sekarang dan masa datang.

Sebelum pembicaraan melebar ke mana-mana dan jadi serius banget, sekian ya! Semoga bermanfaat untuk kamu semua!

Nayla Firdaus

Penulis dan blogger. Ibu dari 2 orang putra. Menyukai dunia kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed