invisible hit counter
Pintermezzo

Orang Meninggal Bisa Diubah Menjadi Berlian

Orang meninggal ternyata bisa diubah menjadi berlian? Bukan dimaksudkan untuk dijual dan mencari keuntungan sih. Perlakuan ini dibuat agar yang hidup tetap merasa berada di dekat orang yang dicintainya. Apa sih maksudnya?

Bagi sebagian masyarakat, orang yang sudah meninggal sudah tidak berhubungan lagi dengan keluarga dan kerabat yang masih hidup. Beberapa lagi percaya bahwa roh orang tersebut akan selalu mendampingi yang hidup.

Oleh karena itu, perlakuan terhadap orang meninggal berbeda-beda. Ada yang menguburkan dan mendoakannya. Ada pula yang mengadakan upacara tertentu, seperti Batu Lemo di Tanah Toraja dan Ngaben di Bali.

Bagi orang dengan kepercayaan tertentu, orang yang sudah meninggal dikremasi atau dibakar dan diambil abunya. Selanjutnya abu tersebut ditaburkan di tempat tertentu atau disimpan.

Nah, di beberapa belahan dunia abu orang yang meninggal dapat dibuat menjadi berlian. Berlian sintetis atau tiruan yang dibuat dari bahan dasar karbon pastinya. Berlian asli hanya didapat melalui pertambangan. Hasil dari pemanasan di dalam bumi selama ratusan tahun.

Proses Pembuatan Berlian dari Orang Meninggal

orang meninggal bisa jadi berlian
image : ayobandung.com

Berlian dibuat dari orang meninggal karena tubuh manusia memang mengandung banyak karbon.

Karbon diambil dari tubuh yang telah menjadi abu.

Abu yang sudah diambil dimasukkan ke dalam semacam oven khusus. Di sini, abu yang didapat diukur kecukupannnya untuk sebuah berlian yang diinginkan. Biasanya untuk satu berlian 0,3 sampai 0,4 karat dibutuhkan abu sekitar 2,2 sampai 4,5 Kg. Jika dirasa tidak cukup, abu ditambah dari rambut.

Abu yang sudah cukup kemudian diekstraksi dan dimurnikan dari kontaminasi. Yes, karena pada dasarnya tidak hanya karbon yang ada dalam abu makhluk hidup. Dekontaminan yang dihilangkan misalnya garam dan asam. Keduanya tidak diperlukan dalam pembentukan berlian.

Pemurnian selesai jika kandungan karbon sudah mencapai 99 %. Satu persen sisanya dianggap sebagai bahan pewarna berlian agar nampak unik dan cantik. Senyawa yang memberi warna tersebut, misalnya Boron.

Boron berada dalam tubuh makhluk hidup berfungsi untuk pertumbuhan tulang, penyembuhan luka, dan memproduksi zat yang melindungi kamu dari sakit.

Jika pemurnian sudah selesai, selanjutnya abu memasuki tahap kristalisasi atau tahapan pembuatan berlian sintetik yang sudah dikembangkan sejak tahun 1900-an.

Berapa Harga Membuat Berlian dari Orang Meninggal

image : no1dubai.com

Berminat untuk membuat berlian dari jasad orang tua kamu atau orang lain yang cintai? Tunggu dulu, biaya pembuatan berlian ini cukup mahal. Untuk berlian sekitar 0,3 sampai 0,4 karat saja dibutuhkan biaya sekitar USSD3.000.

Biaya tersebut belum termasuk jika kamu ingin membentuknya menjadi perhiasan. Nggak mungkin kan berlian yang sudah dibuat dengan harga mahal disimpan begitu saja dalam kantong kemejamu?

Berlian biasanya dibentuk lagi menjadi cincin atau mata pada kalung dengan perpaduan logam pengikat, dari emas, perak, atau titanium.

Perusahaan yang Membuat Berlian dari Orang Meninggal

image : idntimes.com

Sedikitnya terdapat 5 perusahaan di dunia ini yang membuat berlian sintetik dari orang yang sudah meninggal.

Menurut perusahaan Algordaa. Wah, ternyata ada juga orang Indonesia yang membuat berlian dengan cara ini. Hmmm… Kira-kira siapa ya? Yang pasti seseorang dari kalangan ekonomi atas karena prosesnya cukup mahal.

Manfaat Berlian dari Orang Meninggal

image : finansialku.com

Lalu apa manfaatnya berlian dari orang yang sudah meninggal untuk kamu? Tergantung dari sudut mana kamu memandangnya.

Berlian itu mungkin akan bisa kamu buat sebagai perhiasan sehingga selalu berada di dekatmu. Kamu akan merasa selalu berada dekat orang yang dicintai.

Apalagi jika berlian dibuat sebagai mata kalung. Ah, rasanya meski sudah meninggal orang tersebut selalu ada di hatimu.

Selama hal tersebut tidak mempengaruhi masa depanmu, alias kamu tetap dapat move on tidak masalah. Namun, kalau kamu kemudian terpaku dengan orang yang kamu cintai dan sepertinya tidak bisa melanjutkan hidup, sia-sia membuat berlian.

Terus melanjutkan hidup dan bekerja keras sesuai harapan orang yang kamu cintai, itu akan membahagiakan mereka.

Mereka di alam sana, akan ikut sedih jika kehidupan kamu di dunia sini tidak berhasil dan sukses.

Satu lagi, kecintaan kamu terhadap orang meninggal atau mereka yang sudah tiada harus diiringi dengan doa.

Berlian hanyalah sarana agar kamu selalu merasa dekat dengan mereka.

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed