invisible hit counter
Pintermezzo

Potong Tumpeng dari Atas Berarti Memotong Harapan Hidup!

Kamu kenal tumpeng? Ih, keterlaluan deh kalau nggak tau makanan atau hidangan yang satu ini! Pasalnya, hampir di setiap acara perhelatan, hajatan, atau apalah namanya secara nasional atau daerah pakai makanan ini.

Kalau kamu masing nggak kenal juga, tumpeng itu nasi yang dimasak dengan pewarna kuning yang biasanya dari kunyit dan dibentuk seperti menara.

Acara syukuran kemerdekaan negara tercinta Indonesia, ulang tahun perusahaan, dan sebagainya sering banget pakai hidangan ini.

Bahkan, acara ulang tahun pribadi secara sederhana bagi beberapa orang akan lebih afdol pakai nasi kuning seperti menara ini dibanding birthday cake atau kue ulang tahun yang dikasih lilin di atasnya.

Tumpeng Lengkap, Apa Aja Isinya?

tumpeng
image : mangcook.com

Nasi tumpeng sebenarnya merupakan kuliner Jawa. Pada tahun 2013, kuliner ini telah dinobatkan sebagai salah satu dari 30 kuliner khas Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif Indonesia.

Keren ya? Jadi, kamu harus kenal nih dengan jenis makanan satu ini.

Meski asalnya dari Jawa, banyak orang sudah menggunakannya sebagai bagian dari acara syukuran yang diadakan.

Tumpeng lengkap dari Jawa biasanya terdiri dari 7 macam lauk pauk yang mempunyai filosofi atau makna dan doa tersendiri.

Namun, nasi yang dibentuk kerucut dan digunakan dalam berbagai acara ini sudah tidak lagi seperti aslinya. Lauk pauk sudah disesuaikan dengan pembuat.

Nasi tetap berwarna kuning dengan bentuk kerucut, lauknya bisa saja lauk Nusantara, seperti keladi tumbuk dari Papua, ikan gabus woku bambu kuning dari Gorontalo, sambal ikan roa dari Manado, tumis daun pakis dari Pontianak, dan sebagainya.

Filosofi Nasi Tumpeng Berbentuk Kerucut

image : merahputih.com

Tumpeng yang mempunyai bentuk kerucut ke atas berarti harapan agar hidup sejahtera melambangkan kedua tangan yang merapat untuk berdoa dan selalu bersyukur kepada Tuhan. Selain itu, bentuk kerucut juga mengandung pengharapan agar hidup semakin sukses.

Sama dengan simbol kuning di beberapa adat tradisional Jawa, warna ini melambangkan kesejahteraan yang diharapkan, serta kekayaan dan rejeki yang melimpah.

Filosofi Lauk Pauk Tumpeng

image : idntimes.com

Kamu tau apa lauk pauk lengkap tumpeng? Sudah tidak banyak lagi yang menggunakan 7 lauk pauk seperti pertama kali nasi kuning kerucut ini diperkenalkan.

Tapi masih ada beberapa lauk pauk yang biasanya tidak ketinggalan disediakan di sekeliling nasi yang diletakkan di nampan bulat anyaman bambu ini.

Lauk pauk tersebut, antara lain ayam, telur rebus, ikan, dan urap.

Ayam umumnya disajikan utuh, lengkap dengan kepala dan kakinya yang disajikan di sisi nasi.

Pernah lihat bagaimana lauk ayam ini disajikan? Yes, ayam diletakkan secara tegak dengan kepala tegak leher melengkung.

Ayam ini ternyata menyimbolkan penyembahan kepada Tuhan dengan hati yang tenang dan sabar.

Ya kebayang sih, repot banget makan ayam ini ya? Harus tarik-tarikan dengan teman sebelah.

Sama dengan ayam, telur rebus disajikan lengkap dengan kulitnya. Jika kamu mau memakannya harus mengupas terlebih dahulu. Ini menandakan hidup harus direncanakan dengan teliti.

Sementara ikan yang digunakan tidak dibatasi jenisnya. Ikan lele menandakan kekuatan hidup dalam setiap kondisi, ikan teri melambangkan kebersamaan, dan lain-lain.

Lalu apa makna urap? Makanan yang isinya macam-macam sayur yang diberi bumbu dicampur kepapa ini mempunyai makna yang berbeda-beda.

Sepertinya kalau disebutkan satu per satu kamu akan cape baca tulisan ini, he he..

Yang pasti, sayur urap melambangkan pemikiran jauh ke depan, selangkah lebih maju, dan kewajiban menafkahi keluarga.

Potong Tumpeng? Salah Berarti Memotong Harapan Hidup

image : merahputih.com

Nah, tadi sudah disebutkan bahwa bentuk kerucut nasi tumpeng merupakan harapan akan kesejahteraan.

Puncak tumpengnya, puncak harapan itu sendiri.

So, salah lho ternyata kalau kamu memotong tumpeng secara langsung dengan sendok dan membuatnya terpotong.

Secara, itu artinya kamu memotong harapan puncak kehidupan.

So, bagaimana cara potong tumpeng yang benar?

Kamu harus menyendoknya dari arah tengah dekat puncak sedikit demi sedikit. Puncak kerucut harus jatuh dengan sendirinya.

Itu menandakan bahwa harapan kamu akan terkabul.

Wah, ternyata begitu ya! Bagaimana kalau kamu sudah terlanjur potong kerucut dengan mengambil puncaknya?

Hi hi.. Nggak diketahui secara pasti akibatnya karena filosofi atau makna di atas adalah harapan ayang disimbolkan. Semuanya adalah bagian dari doa kepada Tuhan.

Yakin saja, bahwa Tuhan akan mengabulkan semua doa kamu yang sudah berusaha seoptimal mungkin dalam setiap kesempatan.

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed