invisible hit counter
Pintermezzo

Puting Cowok Kok Bisa Ada ya? Ternyata Ini Alasannya

Guys, kamu yang ngerasa makhluk cowok, punya puting? Pernah nggak mikir, apa sih fungsinya puting cowok? Kan kamu nggak nyusuin.

Itu kalau kamu mikirnya fungsi puting hanya untuk menyusui anak.

Beberapa teori menyebutkan bahwa puting ini nggak punya fungsi sama sekali. Tapi kok tetap ada ya?

Ini sama dengan kalau kita nanya, apa sih fungsi apendiks atau usus buntu dan gigi bungsu. Meski manfaatnya nggak ada, semua organ tersebut tetap ada pada manusia.

Teori evolusi yang pernah dikemukakan oleh Lammarck dan Darwin nggak berlaku di sini. Teori yang menyatakan bahwa bagian tubuh yang nggak berfungsi lama kelamaan akan hilang.

Kenapa Puting Cowok Bisa Ada?

puting cowok
image : palingseru.com

Pada dasarnya, cowok dan cewek berasal dari basis genetis yang sama.

Dalam bahasa susahnya, cowok itu punya kromosom XY, sedangkan cewek punya kromoson XX.

Kelihatan kan kalau bedanya cuma ada di kromosom Y? Secara sederhana hal tersebut menunjukkan kewajaran apabila ternyata ada bagian tubuh cowok yang mirip dengan cewek.

Waktu dalam kandungan atau saat ibu kamu hamil, 4 sampai 5 minggu pertama, perkembangan janin sama. Dokter sekalipun nggak bisa ngebedain kamu bakal lahir cowok atau cewek.

Di sini semua bayi kelihatan sama. Semua janin punya puting.

Yang belum ada organ reproduksi alias jenis kelaminnya.

Nah, baru ketika memasuki usia 6 sampai 7 minggu terjadi perubahan.

Janin yang punya kromosom Y, bakal lahir sebagai cowok. Tubuhnya akan mengalami perubahan membentuk organ reproduksi laki-laki.

Sementara, janin yang nggak punya kromosom Y, yang nantinya bakal lahir sebagai bayi cewek akan membentuk organ reproduksi perempuan. Puting dan bagian pusarnya berkembang. Menandakan dia kelak akan mempunyai saluran rahim di dalamnya.

Fungsi Puting Cowok

cowok punya puting susu
image : liputan6.com

Puting cowok yang telah ada sejak dalam kandungan nggak hilang saat munculnya testis. Dia tetap ada di sana sampai lahir dan besar.

Jadi guys, bisa dibilang kalau puting cowok merupakan sisa perkembangan janin yang nggak hilang dan melekat sampai dewasa.

Terus, apa dong fungsinya? Bukannya setiap organ tubuh seharusnya mempunyai fungsi?

Puting termasuk perkembangan seks sekunder ketika kamu mengalami pubertas. Sama dengan perkembangan membesarnya pinggul dan suara yang lebih halus pada cewek atau perkembangan dada dan tumbuh jakun pada cowok.

Puting sama dengan tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh cowok dan cewek ketika remaja. Cowok dan cewek pasti punya.

Menurut para ahli kesehatan dan tubuh manusia, di puting cowok dan cewek terdapat supply syaraf utama tubuh. Di sini semua stimulasi bermula.

Dan karena supply syaraf yang banyak terdapat di dalam organ yang sebenarnya berukuran kecil ini, puting dapat berfungsi meningkatkan gairah seksual, baik cowok maupun cewek.

Hai, ternyata puting cowok punya fungsi juga ya? he he..

Puting Cowok yang Menghasilkan Susu

puting pria
image : liputan6.com

Pada dasarnya, puting yang dimiliki cowok nggak bisa buat menyusui. Di bagian dalamnya nggak ada organ atau apapun yang dapat memperoduksi susu.

Tapi kenyataannya, ada cowok yang putingnya menghasilkan susu lho!

Nggak sebanyak cewek pastinya. Hanya saja, kalau dipencet akan keluar cairan seperti susu.

Kondisi ini punya bahasa medis dan susah, yaitu galaktorea. Puting yang dimiliki cowok bisa punya susu karena hormon prolaktin dalam tubuh meningkat. Hormon ini lah yang menghasilkan susu.

Kok bisa?

Biasanya, cowok yang seperti ini karena dia konsumsi obat tertentu, seperti motilium. Obat yang biasanya dikonsumsi cewek lagi hamil.

Cowok konsumsi motilium untuk mengatasi mual, muntah, gangguan pencernaan gastroparasi, dan Parkinson.

Puting Cowok Juga Bisa Membesar

puting laki laki
image : sehatly.com

Puting cowok tidak hanya bisa menghasilkan susu, juga bisa membesar seperti putting cewek.

Membesarnya puting ini yang disebut sebagai ginekomastia, umumnya terjadi pada remaja dan cowok dengan usia lanjut.

Pembesaran ini terjadi jika hormon testosteron menurun dalam tubuh.

Pada remaja, pembesaran bersifat sementara. Hanya terjadi beberapa lama.

Tapi, cowok yang sudah berusia lanjut alias setengah tua atau setengah baya, pembesaran bisa berlangsung tetap. Hormon testosteron yang dimiliki manusia memang cenderung menurun ketika usia bertambah.

Nah guys, udah tau kan kenapa puting cowok ada juga? Nggak perlu dipikirkan ya? Puting ini nggak mengganggu penampilan kamu.

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed