invisible hit counter
Pintermezzo

Ramadan Bulan Pendekatan atau PeDeKaTe

Ramadan, meski tiap tahun ada dalam satu bulan selalu menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh ummat Islam. Pada saat ini orang berlomba-lomba melakukan ibadah dan amalan lebih banyak daripada bulan lain. Orang baik bertambah baik, orang yang biasa menjadi lebih baik. Pokoknya, semua orang berlomba pe de ka te alias mendekatkan diri. Sebab Ramadan bulan pendekatan.

Hah pe de ka te dengan siapa dan apa? Kalau bagus, cantik, ganteng, dan menguntungkan kamu juga pasti mau kan?

Ramadan bulan Pendekatan kepada Allah

ramadan bulan pendekatan
image : rumahyatimindonesia.com

Ramadan berarti mendekatkan diri pada Allah, ini jelas. Ramadan dan berpuasa adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah melalui Alquran surat Al Baqarah ayat 185. Berpuasa agar kamu bertakwa.

Takwa itu artinya melakukan semua perintah dan larangan Allah, tanpa terkecuali.

Ketika kamu bertakwa, maka hati kamu akan lebih dekat dengan Allah.

Ini sama dengan pemisalan yang dilakukan oleh manusia. Semakin kamu sayang pada seseorang, kamu akan memenuhi semua permintaannya. Tujuannya jelas, agar kamu tambah dekat dengan si dia. Iya kan?

Nah, dalam rangka pendekatan kepada Allah kamu yang berpuasa berarti telah melakukan banyak hal, seperti :

  • Mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan. Dengan berpuasa kamu akan melihat bahwa sesugguhnya hidupmu lebih baik dari kebanyakan orang lain. Di luar sana ada orang lain yang hidupnya sangat mendrita.
  • Mengendalikan hawa nafsu, minimal kamu dapat menahan haus dan lapar. Hal ini pada dasarnya bagian dari melaksanakan kewajiban agar dekat dengan Allah. Namun, dengan mengendalikan hawa nafsu juga menjadi bukti cinta kamu kepada Allah. Bukti bahwa kamu siap melakukan apa saja demi cinta tersebut.
  • Latihan keimanan yang didasari pada kejujuran. Tau kah kamu? Cinta pada Allah harus dibuktikan? Sama dengan cintamu pada manusia. Siapa saja dapat mengaku cinta dan beriman pada Allah. Namun, ujian akan membuktikan apakah keimanannya benar-benar hanya kepada Allah.

Pada saat kamu puasa, kejujuran menjadi ujian terbesar. Seperti diketahui banyak orang, nggak ada yang mengetahui puasa seseorang kecuali kamu sendiri. Satu-satunya ibadah yang sangat pribadi alias personal. Hanya Allah yang tau. Di situlah letak ujiannya. Akankah kamu jujur pada ibadah satu ini? Melaksanakan semuanya tanpa diketahui oleh orang lain?

Jika kamu berhasil melewati ujian tersebut, maka kecintaan terhadap Allah semakin tinggi. Kamu akan merasa lebih dekat dengan-Nya.

Ramadan Bulan Pendekatan dengan Keluarga

image : tribunnews.com

Pe de ka te yang kedua adalah keluarga.

Saat Ramadan, menjadi saat yang ditunggu. Ramadan bulan pendekatan dengan keluarga.

Keluarga yang jarang duduk bersama di meja makan karena kesibukan masing-masing, kini bisa bersama saat berbuka dan sahur.

Komunikasi yang buntu dapat cair kembali.

Mungkin hanya di bulan puasa kamu ngasih kabar kepada keluarga di rumah ketika nggak bisa buka bersama.

Kebersamaan yang dapat berlanjut kepada beberapa kegiatan lain, seperti tarawih, tadarus, sampai shalat Ied bersama saat lebaran.

Kamu akan merindukan saat-saat ini jika Ramadan telah lewat dan setiap anggota keluarga kembali pada kesibukannya.

Ramadan Bulan PeDeKaTe dengan Fakir Miskin dan Anak Yatim

image : zakat.or.id

Ramadan bulan berbagi. Ramadan bulan pendekatan dengan sesama manusia.

Hal tersebut sesuai dengan salah satu hadist Rasulullah yang menyatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.

Apalagi di saat Ramadan, semua kebaikan pahalanya dilipatgandakan.

Kamu bisa pendekatan terhadap fakir miskin dan anak yatim yang berada di sekitar.

Mengunjungi anak yatim dan fakir miskin bisa juga dalam rangka mendekatkan diri pada Allah dan keluarga. Berkunjunglah bersama keluarga besarmu.

Di siang hari saat berpuasa kamu akan dapat merasakan laparnya mereka yang nggak punya. Dengan begitu rasa empati terhadap mereka akan semakin tumbuh.

Ramadan Bulan Pendekatan dengan Teman dan Kerabat

image : brilio.net

Buka puasa bersama dengan siapa kamu hari ini?

Teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, komplek, atau mana?

Pasti kamu udah punya sederet rencana buka puasa bersama.

Hal tersebut akan semakin mendekatkan kamu dan teman-teman. Mempererat silaturahim yang mungkin sudah jarang dilakukan karena jarak dan waktu. Ciee

Jangan sampai terjadi CLBK ya? He he..

Jangan pula, pe de ka te dengan teman-teman bikin kamu nggak bisa kumpul dan pe de ka te dengan keluarga. Jadwal full dari hari pertama sampai lebaran.

Itulah sedikit uraian tentang Ramadan bulan pendekatan kali ini. Pendekatan yang seharusnya melahirkan cinta yang lebih erat.

Hmmm… Ramadan termasuk bulan pendekatan dengan doi juga nggak ya?

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed