invisible hit counter
Pintermezzo

Sandal Dicuri Saat Tarawih? Ini Cara Menghindarinya

Sandal dicuri saat tarawih? Entah kenapa, masjid yang penuh dan ramai identik dengan pencurian sandal. Hal yang sebenarnya cukup memalukan bagi ummat Islam. Pencuri ini seneng banget nyuri sandal saat momen tertentu, seperti saat shalat Jumat, tarawih, dan shalat Ied.

Hal lumrah sih, karena masjid memang tempat umum. Coba aja kalau kamu meninggalkan sandal di tempat umum lain, pastinya akan dicuri juga. Beda dong dengan tempat ibadah umat beragama lain! Mereka kan nggak ngebuka sandal dan sepatunya saat mau masuk ke bagian dalam!

Mungkin, yang jadi perhatian karena di masjid ya… Harusnya orang datang bukan untuk mencuri. Tapi, niat kan adanya dalam hati. Nggak ada yang pernah tahu isinya. Kata pepatah, dalam samudera bisa ditebak, dalamnya hati siapa yang tahu… Jiah..

Kembali ke soal sandal, kamu pernah ngalamin sandal dicuri saat tarawih? Kesel nggak sih? Apalagi kalau sandal baru dan bagus.

Udah harus pulang nyeker alias nggak pakai sandal, harus beli lagi pula. Keterlaluan ya yang nyuri sandal? Nggak takut dosa apa? He he..Nah, biar kamu dan teman semua nggak pernah lagi ngalamin sandal dicuri saat tarawih, ada caranya lho! Bukan sembarang cara. Kamu bisa coba dan buktikan!

Menghindari Sandal Dicuri Saat Tarawih dengan Nyeker

sandal dicuri saat tarawih
image : freepik.com

Nggak usah pakai sandal alias nyeker adalah cara pertama terhindar dari sandal dicuri saat tarawih. Ya iyalah, malingnya mau nyuri apa coba kalau kamu datang memang nggak pakai sandal atau sepatu?

Hanya saja, kalau pakai cara ini harus tarawih di mushola atau masjid dekat rumah atau kalau jauh, kamu naik kendaraan.

Jalannya harus hati-hati biar kamu nggak injak sesuatu yang berbahaya. Seperti benda tajam, misalnya.

Sesampainya di masjid, kamu langsung membersihkan kaki dan wudhu. Masuk masjid lewat jalan penghubung antara bagian dalam dan tempat wudhu.

Menitipkan Sandal di Tempat yang Disediakan

image : freepik.com

Biasanya masjid-masjid besar sudah maklum kalau sering terjadi pencurian sandal. Mereka menyediakan tempat penitipan. Agar aman, kamu dapat menyimpannya di sini dengan membayar beberapa ribu.
In sya Allah aman karena kamu akan mendapat satu tempat khusus dan nomor yang hanya kamu miliki. Meski penjaga tempat ini sedang keluar, biasanya orang nggak berani nyuri.

Membawa Sandal ke Bagian Dalam

image : freepik.com

Cara ketiga menghindari sandal dicuri saat tarawih adalah membawanya masuk ke dalam. Boleh kok dan nggak dosa! Asal kamu membungkusnya dengan rapi dan nggak bikin kotor masjid. Sesampainya di dalam, letakkan bungkusan sandal di samping kamu.

Mencegah Sandal Dicuri Saat Tarawih dengan Meletakkan Terpisah

image : freepik.com

Kamu sedang dalam perjalanan dan terlanjur pakai sandal atau sepatu bagus. Masjid yang kamu kunjungi nggak ada tempat penitipan sandal. Apa yang harus dilakukan?

Jangan khawatir! Ada cara menghindari sandal dicuri saat tarawih yang cukup efektif. Letakkan sepatu atau sandalmu di tempat yang jaraknya cukup terpisah jauh. Dengan demikian pencuri akan kesulitan mencari pasangannya.

Namun, kamu jangan lupa di mana meletakkan sandalnya ya! Kalau lupa dan harus mencari-cari sandal yang sebelah, jangan-jangan kamu yang dianggap orang sebagai pencuri sandal!

Meletakkan Sandal dengan Terbalik

image : freepik.com

Nah, cara satu ini juga dapat membuat kamu terhindar dari sandal dicuri saat tarawih. Letakkan saja sandal kamu secara terbalik! Dijamin deh, pencuri nggak akan ambil meski itu sandal bagus.

Sandal yang dibalik nggak kelihatan bagian depannya yang bagus. Lagipula, orang malas membalik sandal dengan posisi begitu karena kesannya kotor.

Tapi harus diperhatikan ya, meletakkan sandal harus hati-hati. Jangan sampai tangan kamu memegang bagian yang kotor. Meletakkannya juga tetap harus dipojok agar nggak terbalik lagi secara nggak sengaja oleh orang lain.

Pakai Sandal Jelek untuk Menghindari Sandal Dicuri Saat Tarawih

image : freepik.com

Siapa sih yang mau ambil sandal atau sepatu butut? Apalagi kalau nggak lebih bagus dari sandal yang mereka pakai.

Makanya kalau kamu nggak mau kehilangan sandal saat tarawih, pakailah sandal yang jelek atau butut. Kalau perlu sandal yang warnanya berbeda satu sama lain.

Kamu aja nggak suka, apalagi pencuri. He he..

Gimana menurut kamu guys? Bisakah cara menghindari sandal dicuri saat tarawih diterapkan? Bisa dong! Coba aja salah satu tips di atas secara bergantian setiap tarawih. Kamu akan membuktikannya!

Nayla Firdaus

Penulis dan blogger. Ibu dari 2 orang putra. Menyukai dunia kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed