invisible hit counter
Pintermezzo
sejarah mobil

Sejarah Mobil dari Masa ke Masa. Apa Mobil Termahal?

Mobil merupakan sebuah benda yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tanpa mobil, ngga kebayang deh bagaimana kamu dapat melaksanakan aktvitas sehari-hari. Cape banget ya menempuh perjalanan sekian kilometer setiap hari? Sepertinya kamu harus berterimakasih kepada sejarah mobil dan penciptanya.

Tapi tau nggak sih kamu bagaimana mobil pertama kali ditemukan hingga bentuknya kayak sekarang ini? Butuh waktu cukup lama lho!

Sejarah Mobil Pertama Kali Hanya dalam Bentuk Gambar

image : freepik.com

Orang zaman dahulu mungkin nggak akan terbayang bahwa teknologi mobil akan sedemikian maju. Di jalan-jalan Jakarta, Indonesia tiap hari antrian mobil begitu panjang. Kini, mobil dituding sebagai kendaraan penyumbang polusi terbanyak di kota-kota besar.

Apa yang kamu bayangkan tentang Leonardo Davinci? Ya, pelukis lukisan Monalisa, yang konon merupakan wanita tercantik di zamannya. Di zamannya lho, jadi jangan pernah bilang kalau Monalisa biasa aja. Pastinya wanita cantik menurut kamu berbeda dengan Davinci. Wajar bukan?

Nggak cuma lukisan Monalisa yang dituangkan di atas kanvas. Davinci yang jenius juga melukiskan sketsa kendaraan. Padahal kendaraan ini belum ditemukan. Davinci hanya membayangkan saja bahwa suatu saat akan ada kendaraan bermesin. Keren ya imajinasi Davinci?

Sejarah Mobil Dimulai Dengan Ditemukannya Kendaraan Bermesin Pertama

image : freepik.com

Sebelum ditemukannya mobil, orang hanya mengetahui bahwa hewan dapat membantu sebagai transportasi. Hewan banyak digunakan untuk membantu manusia mengangkut barang.

Sekitar tahun 1870-an ketika terjadi Revolusi Prancis dan ditemukannya mesih uap, kendaraan bermesin pertama dibuat. Kendaraan bermesin uap ini dibuat untuk membantu pergerakan kebutuhan militer dalam perang. Kecepatannya hanya setara dengan manusia yang berjalan kaki.

Selanjutnya, sekitar tahun 1882, manusia menemukan mesin diesel yang dapat digerakkan menggunakan solar. Saat itu kendaraan bermesin diesel juga sudah mulai dibuat.

Tidak lama kemudian, seorang berkebangsaan Jerman bernama Karl Benz pada tahun 1885 menciptakan mesin yang menggunakan bensin. Meskipun demikian, era kendaraan bermesin diesel terus berkembang.

Kamu kenal Ford? Yes, mobil merek ini termasuk barang antik meski Ford masih memproduksi mobil sampai zaman kini.

Henry Ford yang berkebangsaan Amerika Serikat pada tahun 1886 mendirikan sebuah pabrik mobil. Dia sudah membayangkan bahwa bisnis kendaraan bermesin ini akan terus melaju dan membuatnya kaya. Hebat ya prediksinya? Seorang pengusaha sejati.

Henry Ford telah membangun industri mobil pertama sebagai bibit mobil modern.

Sejarah Mobil Modern

image : freepik.com

Sejak pertama kali ditemukan, mobil berkembang sangat cepat, sesuai perkembangan industri saat itu.

Tidak hanya mesin mobil yang berubah sesuai dengan bahan bakarnya, beberapa komponen mobil mengalami perubahan.

Kemudi mobil, misalnya. Di awal ditemukannya hanya berbentuk setengah lingkaran. Namun, untuk kemudahan dan kenyamanan sekarang berbentuk lingkaran penuh.

Roda mobil juga demikian. Awal dibuatnya, mobil mempunyai 3 roda. Mulai awal perang dunia kedua barulah roda mobil dibuat menjadi 4. Saat itu, mobil banyak digunakan sebagai kendaran perang dan menempuh jalan tidak rata. Sehingga sekitar tahun 1940, diperkenalkan mobil jeep dengan 4 roda.

Sementara itu, Henry Ford terus mengembangkan industri mobilnya. Sekitar tahun 1900, industri Ford dengan bantuan mesin bisa membuat 146 unit mobil per hari.

Tahun 1980an, 35 tahun sejak kekalahannya pada perang, Jepang mulai bangkit. Negara ini kemudian ikut meramaikan industri mobil. Dengan merek Honda dan Toyota, mobil dapat menembus pasar Amerika Serikat.

Sejarah Mobil Ramah Lingkungan

image : freepik.com

Jumlah mobil menjadi tidak terkendali. Polusi akibat bahan bakar yang dihasilkan tidak dapat dihindari.

Oleh karena itu, sejak tahun 2010 perusahaan mobil mulai membuat mobil ramah lingkungan.

Perusahaan mobil Eropa membuat filter di bagian mesin untuk mengurangi polusi dan perusahaan mobil Jepang membuat mobil dengan tenaga hydrogen.

Bahkan di arena balap kini mulai diperkenalkan mobil bertenaga listrik yang dicas. Kayak kamu nge-chas hp. Tapi berapa lama nge-cas mobil ya?

Mobil Termahal di Dunia

image : freepik.com

Industri mobil berkembang terus. Produksi mobil saat ini lebih memperhatikan bentuk, fungsi , dan kecepatan. Mobil-mobil mahal dalam jumlah terbatas bermunculan. Mobil dengan merek Mercedes Benz ternyata masih merupakan mobil yang paling mahal dengan harga Rp 100 miliar rupiah. Mengikuti Lamborghini Venini 4,5 juta USD, dan Rolls Royce senilai Rp 25 miliar.

Wuih nggak kebayang ya punya mobil mahal? Rasanya mau pakai juga gimana gitu. Kan kalau tergores, service-nya juga mahal. Suku cadang mobil juga nggak banyak.

Yang pasti, sejarah mobil sangat panjang dan industrinya selalu berinovasi.

Denger-denger mobil autopilot alias bisa jalan sendiri juga mulai diproduksi. Hmmm.. Jadi mau tau rasanya punya mobil kayak gitu ya?

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed