invisible hit counter
Pintermezzo

Siapa Bilang Jadwal Imsak Hanya Ada di Indonesia? Ini Buktinya!

Bulan Ramadan di Indonesia memang terbilang unik dibandingkan negara lain. Dengan penduduk mayoritas muslim terbesar pula di dunia, banyak tradisi yang bercampur dengan ajaran Islam yang dijalankan. Akibatnya, banyak hal unik di sini yang belum tentu ada di negara lain. Termasuk perihal jadwal imsak.

Kamu yang pernah tinggal di luar negeri pasti udah ngerasain. Nggak ada pemberitahuan, tau-tau udah azan shubuh!

Beda banget dengan di Indonesia. Nggak hanya karena suasana ngabuburit, tapi jelang shubuh yang dinantikan.

Sebelum shubuh, masjid sudah berteriak-teriak mengumandangkan imsak… imsak… Sampai-sampai hampir semua stasiun televisi ikut mengingatkan kita akan bulan Ramadan.

Apa Sih yang Dimaksud Imsak?

jadwal imsak
image : pixabay.com

Imsak berasal dari kata imsakiyah, Bahasa Arab, yang artinya menahan.

Tapi bener nggak sih, ketika udah masuk waktu imsak, yang kalau di Indonesia waktunya 10 menit sebelum shubuh, nggak boleh lagi makan dan minum?

Hiks, terus kalau nasi di piring masih ada haruskah ditinggalkan? Wow.. Sayang banget ya..

Menurut Imam Al Mawardi dalam Kitab Iqna, sebaiknya puasa sudah dimulai sebelum fajar atau sebelum azan shubuh dan berbuka ditahan sebentar setelah azan Maghrib. Ini dimaksud dengan imsak atau menahan dalam Bahasa Arab.

Sementara Menurut Dr Musthafa Al Khin dalam kitab Al Fiqh, yang banyak ulama menyetujuinya, puasa dimulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari.

Jadi, sampai saat shalat Shubuh kamu masih boleh makan dan minum. Aih.. Jadi enak dong.. Bertambah waktunya. He he..

Lalu untuk apa ada imsak?

Imsak dikenal dalam masyarakat Islam yang bermahzab Syafi’I, khususnya di Indonesia. Tentu saja ada fungsinya.

Imsak, kalau diibaratkan lampu lalu lintas adalah lampu kuning. Kamu sudah bersia-siap menjalankan puasa di sini. Saat imsak kamu sudah bisa menyikat gigi, wudhu, dan bisa minum segelas air lagi jika diperlukan.

Bagi yang bangun kesiangan, imsak sebagai pertanda bahwa makan dan minum kamu harus dipercepat. Sebentar lagi waktu Shubuh tiba.

Kalau dipikir-pikir, para ulama yang menerapkan jadwal imsak sayang banget dengan umatnya. Mereka sangat memperhatikan kebutuhan masyarakat yang dipimpinnya.

Adakah Jadwal Imsak di Zaman Rasulullah?

image : pixabay.com

Dengan memperhatikan penjelasan sebelumnya, imsak tidak dikenal di zaman Rasulullah. Namun, ini juga nggak termasuk bid’ah atau ibadah yang diada-adakan lho!

Imsak hanya waktu untuk mengingatkan atau menyiapkan kamu yang akan berpuasa, sebentar lagi puasa dimulai.

Sejarah Adanya Jadwal Imsak

image : pixabay.com

Dalam sejarah, jadwal bulan Ramadan pertama kali diperkenalkan di Mesir.

Orang Mesir yang mempelajari penanggalan dari penjajah Perancis, mulai membuat jadwal sendiri.

Sampai akhirnya pada tahun 1846, ketika Pemerintahan Mesir dipimpin oleh Muhammad Ali Pasha, dibuatlah jadwal imsakiyah ini.

Saat itu, jadwal yang dibagikan saat bulan Ramadan disebarkan kepada seluruh pegawai pemerintahan. Tujuannya adalah agar mereka dapat mengatur jadwal harian dan jadwal kerja selama bulan Ramadan.

Bulan Ramadan tahun berikutnya, percetakan yang dimiliki Mahmoud Khalid Ibrahim kembali membuat jadwal Ramadan. Tapi kali ini jadwal disertai dengan iklan.

Jadwal imsak mulai berubah bentuknya dan terus inovatif, dimulai oleh Pengusahan Yahudi Daod Adas, beberapa tahun setelah jadwal yang berisi iklan.

Mulai saat itu, jadwal selain berisi kapan waktu imsak, dan shalat lima waktu, kadang disertai juga dengan ayat Alquran, bacaan doa pagi dan sore, fiqh zakat fitrah, dan lain-lain.

Namun, jadwal yang dibuat di Mesir pertama kali ini bukanlah jadwal seperti yang dikenal di Indonesia. Jadwal ini hanya memuat waktu shalat lima waktu selama Ramadan dan kapan awal Ramadan tiba.

Negara yang Menggunakan Jadwal Imsak

image : pixabay.com

Pertanyaan besarnya, adakah negara lain yang juga menggunakan waktu imsak?

Negara Malaysia, sebagai negara tetangga terdekat dan dikatakan mempunyai penduduk yang serumpun dengan masyarakat Indonesia mengenal waktu imsak yang sama persis. Dimulai sekitar 10 menit sebelum azan Shubuh.

Tidak hanya Malaysia, Mesir sebagai tempat yang pertama kali menerbitkan jadwal Ramadan juga mengenal imsak. Bahkan, di Mesir waktu imsak dimulai 20 menit sebelum azan Shubuh.

Sudah yakin kan kalau jadwal imsak tidak hanya ada di Indonesia?

Kalau di Amerika atau negara Eropa pastinya kamu nggak akan menemukan jadwal ini guys! Mayoritas agama penduduk di sana kan bukan Islam!

Nayla Firdaus

Penulis dan blogger. Ibu dari 2 orang putra. Menyukai dunia kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed