invisible hit counter
Pintermezzo

Tidur Setelah Sahur? Boleh Nggak ya?

Bulan Ramadan memang nggak seperti biasa. Aktivitas ibadah kamu jadi lebih banyak di malam hari. Belum lagi kegiatan bangun sahur. Ngantuk? Wajarlah! Namanya juga jam tidur saat malam sedikit berkurang. Tapi tidur setelah sahur? Boleh nggak ya?

Ngerasa nggak kalau habis sahur sering kali langsung ngantuk? Yah, selain memang karena waktunya masih malam, kamu habis makan.

Kekenyangan bikin ngantuk bertambah. Mau ngerjain aktivitas yang lain juga malas.

Boleh Tidur Setelah Sahur, Asal….

tidur setelah sahur
image : pexels.com

Ternyata boleh lho tidur setelah sahur!

Wuih, asyik dong… Langsung tidur nih pas besok habis sahur.

Tapi..

Ternyata ada tapinya!

Menurut dr Inge Permadi MS, SpGK di Kompas.com tidur setelah sahur nggak akan mengganggu metabolisme tubuh. Sah dan boleh aja kamu yang ngantuk tidur dulu setelah sahur biar kalau sekolah, kuliah, ngantor, atau aktivitas lain bisa lebih seger.

Hanya saja, dr Inge menambahkan bahwa sebaiknya kamu tidur minimal 30 menit setelah sahur.

Tuh kan, ada syaratnya. Nggak boleh langsung.

Kenapa demikian? Karena saat setelah makan, tubuh menjadi aktif. Hampir semua organ tubuh yang awalnya istirahat bekerja terhadap makanan yang masuk.

Kalau kamu tidur langsung setelah makan, maka energi yang dihasilkan akan menumpuk padahal nggak digunakan. Akibatnya, jadi apa ayo energi yang nggak berguna?

Yes, lemak dalam tubuh akan meningkat.

Selain itu, nggak semua makanan yang kamu konsumsi langsung dicerna dengan baik saat sahur. Makanan masih baru turun dari kerongkongan.

Kamu akan merasa perut begah atau kenyang berlebihan.

Dampak Negatif Tidur Setelah Sahur

image : pexels.com

Syarat dari dr Inge yang mengingatkan tidur harus 30 menit setelah makan, jauh lebih ringan dibandingkan ahli kesehatan lain.

Dr Manolis Kegovinas, Profesor di Barcelona Institute Global Health dan David Holmes MD, American College of Cardiology President menyatakan bahwa tidur sebaiknya minimal 1 jam setelah makan.

Tidak langsung tidur setelah makan akan mengurangi berbagai resiko penyakit.

Gangguan kesehatan yang mungkin kamu derita ketika langsung tidur setelah makan adalah GERD atau gastreosphopageal reflix disease. Penyakit yang mirip maag ini merupakan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Asam lambung ini sesuai namanya kan harusnya memang ada di lambung. Di lambung bermanfaat untuk membunuh kuman penyakit yang terbawa oleh makanan.

Nah, karena posisi kamu yang berbaring sementara organ tubuh masih mencerna makanan, asam lambung naik ke kerongkongan.

Sifat asamnya membuat kerongkongan terasa panas seperti terbakar sampai ke dada. Kamu akan merasa seperti radang tenggorokan karena sakit di bagian tersebut. Jika dibiarkan, saat malam hari akan sulit tidur karena terasa seperti batuk kering. Menandakan bahwa ada benda asing masuk dalam saluran pernapasan.

Dampak kedua jika kamu langsung tidur setelah sahur adalah kemungkinan stroke. Ih, masa sih? Kan usia kamu masih muda?

Berdasarkan penelitian 500 orang sehat, 250 orang stroke, dan 250 orang syndrome koroner akut, resikonya dikurangi dengan tidak langsung tidur setelah makan. Orang yang nggak langsung tidur minimal 60 menit setelah makan akan mengurangi resiko stroke sebanyak 66 persen.

Bahkan menurut David, tidur setelah sahur atau makan secara langsung juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Mengakhirkan Waktu Sahur

image : pexels.com

Rasulullah mensunnahkan untuk mengakhirkan waktu sahur. Sekitar 30 sampai 45 menit sebelum shubuh.

Mengapa demikian? Agar kamu cukup tidur di malam hari. Selain itu, kamu nggak perlu langsung tidur setelah sahur karena shubuh menjelang.

Masa kamu puasa tanpa shalat Shubuh?

Lagian, waktu setelah sahur dan menjelang Shubuh adalah waktu mustajab untuk berdoa. So, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengirimkan doa. Minta sebanyak-banyak pada Tuhan segala keinginan kamu.

Aktivitas Setelah Sahur

image : pexels.com

Nah, biar nggak ngantuk dan langsung tidur setelah sahur, kamu bisa bantu orang rumah merapikan peralatan makan. Kemudian kamu bisa juga menyiapkan semua kebutuhan sekolah atau ngantor.

Ssst.. Kalau kamu beraktivitas, ngantuk nggak akan kerasa kok!

Baru deh setelah shalat Shubuh dan semua sudah rapi kembali kamu bisa tidur.

Rumah beres, persiapan beres, shalat Shubuh nggak tertinggal.

So guys, sudah tahu kan gimana tidur setelah sahur? Boleh, asal…..

Rafiah

Penulis dan penikmat musik indie. Menganggap menulis sebagai self healing.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed