invisible hit counter
Pintermezzo

Titanic II Akan Berlayar dari Dubai Tahun 2022

Hai guys! Siapa yang nggak kenal dengan legenda Kapal Titanic? Sebuah kapal mewah di zamannya yang kemudian tenggelam saat pelayaran perdananya. Meski sudah seratus tahun lalu, masih banyak orang yang terobsesi dengan kisahnya. Pembuatan Titanic II pun banyak direncanakan.

Nggak cuma pembuatan Titanic II yang sering dibicarakan orang. Film tentang perjalanan kapal ini juga dibuat dengan berbagai versi.

Versi yang paling terkenal adalah Titanic yang dibuat sekitar 20 tahun lalu dan dibintangi Leonardo Decaprio masih muda.

Film yang berkisah tentang perjalanan cinta dua penumpang Titanic dari kelas yang berbeda hingga kapal tenggelam ini sangat sukses di pasaran. Belum ada film lain tentang kapal mewah yang tenggelam tersebut yang menandinginya.

Sejarah Kapal Titanic

image : kapanlagi.com

Kapal Titanic merupakan produksi industri Inggris. Sebagai kapal pesiar mewah, sebelum pelayaran perdana sudah banyak orang membicarakannya.

Akibatnya, pada saat pelayaran tiket terjual habis di semua kelas. Banyak orang yang ingin menaikinya dengan tujuan masing-masing.

Kapal berlayar dari Pelabuhan Southampton, Inggris menuju New York, Amerika Serikat.

Namun, untung nggak bisa diraih, malang nggak bisa ditolak. Begitu kata pepatah. Kapal yang dikatakan dibangun dengan teknologi terbaru saat itu, mengalami kecelakaan.

Baru beberapa saat saja menempuh perjalanan, kapal menabrak bongkahan es di Atlantik Utara. Pada tanggal 15 April 1912, Titanic tenggelam menewaskan lebih dari 1.500 orang.

Setelah tenggelamnya, banyak peneliti melakukan penyelidikan lokasi tenggelam. Ada juga ingin meraih harta yang dibawa tenggelam oleh kapal.

Bayangkan saja, kapal membawa banyak penumpang kaya di kelas 1. Pastinya banyak harta yang ikut tenggelam bersama kapal.

Bangkai kapal akhirnya ditemukan 33 tahun silam. Tidak ada yang tersisa dari bangkai tersebut. Para ahli mengungkapkan bahwa kapal dan isinya sudah terlalu lama di bawah laut. Semua yang ada sudah hancur dimakan bakteri.

Replika Kapal Titanic II akan Berlayar

image : analisadaily.com

Meski sudah lebih dari 100 tahun tenggelam, orang masih mengenangnya.

Politisi dan Pebisnis Australia, Olive Palmer pada tahun 2012 mempunyai ide untuk membuat replika kapat tersebut, yang dinamakan Titanic II.

Proyek ini sudah lama berjalan tetapi sempat berhenti 3 tahun karena sengketa keuangan dengan partnernya dari Cina.

Saat ini dengan menyediakan dana sebesar 500 juta USD atau sekitar Rp7,5 triliun, proyek dilanjutkan.

Dengan membangun kapat Titanic II, Palmer ingin menghidupkan kembali sejarah Titanic yang mulai tenggelam oleh waktu.

Berdasarkan rencana yang dibuat, kapal akan berlayar dari Dubai tahun 2022. Kemudian, mengulang sejarah pelayaran resmi akan dilaksanakan dari Southhampton, Inggris menuju New York.

Blue Star Line sebagai perusahaan yang mengerjakan proyek ini telah melengkapi Titanic II dengan alat keselamatan. Perusahaannya tentunya nggak mau mengulangi kesalahan yang sama.

Peralatan yang ditambahkan antara lain life boat, alat navigasi dan radar modern, dan model lambung kimpal bukan bertumpu seperti aslinya.

Selain hal tersebut, semua dibuat sama persis dengan Titanic. Titanic II terdiri dari 9 dek, 835 kabin, menampung 2.435 penumpang, dan 500 awak.

Interior kapal juga sama persis, termasuk tangga besar yang berada di tengah seperti foto-foto yang beredar.

Tiket juga terdiri dari 3 kelas I, 2, dan 3.

Hmmm… Kamu mau mencoba ikut berlayar?

Titanic II di Cina

titanic ii
image : tabloidbintang.com

Tidak hanya Palmer yang terobesisi membuat Titanic II.

Cina juga menggarap proyek yang mirip dengan target tahun 2020.

Proyek pembuatan Titanic II ala Cina direncanakan dengan biaya sekitar 1 miliar yuan dan dibuat di Sungai Qijiang, Propinsi Sichuan, Cina.

Untuk pembangunan replika ini, investor, SL Shaoujun mengaku telah menghabiskan banyak dana mengumpulkan blue print Titanic dari para kolektor.

Pembangunan replika Titanic yang telah dibangun sejak tahun 2016 tidak seperti milik Palmer yang direncanakan berlayar.

Replika akan tetap berada di Sungai Qijiang yang berjarak 1.200 Km dari laut sebagai pajangan. Replika diharapkan akan menarik sebagai tempat wisata.

So.. Setelah tahun 2020 nanti kalau kamu berkunjung ke Negeri Tirai Bambu alias Cina, jangan lupa ke sini ya.

Kayaknya kamu bisa berfoto ala Jack dan Rose dalam film Titanic yang terkenal deh!

Wuih Titanic II bikin penasaran ya?Jadi pingin tau bagaimana pelayarannya kelak.

Tapi serem nggak sih ya naiknya? Secara itu kan replika dari kapal yang tenggelam dan menewaskan ribuan orang. Kalau di Indonesia, pasti diruwat alias didoakan dulu! He he..

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed