invisible hit counter
Pintermezzo

Ada Tradisi Jelang Ramadan Unik dari Berbagai Suku

Ramadan merupakan bulan yang spesial bagi umat Islam. Di bulan ini segala amal dan ibadah dilipatgandakan pahalanya. Bulan penuh berkah bagi seluruh manusia. Oleh karena itu, umat Islam menyambutnya dengan suka cita. Tradisi jelang Ramadan setiap negara berbeda.

Demikian pula di Indonesia. Apalagi suku bangsanya cukup banyak. Dari Sabang sampai Merauke terdapat suku tertentu yang memeluk agama Islam.

Tradisi jelang Ramadan berbagai suku tersebut unik, bercampur dengan tradisi dan budaya setempat. Akibatnya kalau dipikir-pikir antara tradisi dengan Islam nggak ada hubungannya sama sekali.

Tapi bukan berarti tradisi harus dihilangkan lho! Tradisi ini ada beberapa yang sangat bermanfaat, khususnya bagi syiar atau dakwah Islam di tanah air.

Kamu mau tau tradisi yang ada di Indonesia saat jelang Ramadan? Yakin deh, kamu sendiri belum tentu tau!

Di bawah ini ada beberapa contoh tradisi unik dari Pulau Jawa dan Sumatera. Dua pulau yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan mempunyai lebih banyak tradisi di bandingkan tempat lain.

Tradisi Jelang Ramadan Berbagai Daerah Sumatera

tradisi jelang ramadhan
image : lifestyle-indonesia.com

Pulau Sumatera termasuk pulau terbesar ketiga di Indonesia. Pulau ini termasuk padat penduduknya dan di kelilingi dengan berbagai pulau kecil. Oleh karena itu, pulau ini terbagi menjadi propinsi-propinsi yang lebih banyak dibandingkan pulau lain.

Eits.. rasanya jadi belajar ilmu pengetahuan sosial atau geografi ya? Yuk kembali ke topik utama? Nanti kalau kepanjangan bingung nyambunginnya.

Tradisi unik jelang Ramadan di Pulau Sumatera, antara lain:

Meugang

Meugang, kalau dilihat tulisannya mirip dengan Bahasa Sunda ya? Artinya pegang.

Jauh banget dengan tradisi sebenarnya yang berasal dari Aceh. Tradisi meugang dilakukan beberapa hari sebelum Ramadan dengan masak daging kambing. Daging kemudian disantap bersama, keluarga, kerabat, dan anak yatim piatu.

Malamang

Malamang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dialasi daun pisang yang memasaknya dimasukkan dalam bilah bambu.

Sebelum Ramadan, para ibu di daerah Sumatera Barat membuat malamang untuk dimakan bersama.

Balimau

Balimau artinya mandi jeruk nipis. Hmmm… kebayang deh, siapa yang melakukannya pasti badannya berbau wangi jeruk yang enak.

Mandi jeruk nipis juga merupakan tradisi sebelum Ramadan masyarakat Sumatera Barat yang wilayahnya dekat aliran sungai. Balimau perlambang membersihkan diri lahir dan batin.

Ziarah Kubro

Di Palembang, Sumatera Selatan masyarakatnya mempunyai tradisi yang berbeda.

Beberapa hari sebelum Ramadan, mereka mengadakan pawai dari makam ulama pendiri Kesultanan Palembang Darusalam ke makam-makam lain yang berada dalam Komplek Kesutanan tersebut.

Terbayang dong pawai ini nggak sama dengan karnaval kostum atau arak-arakan kendaraan penuh hiasan. Kan mereka sedang ziarah kubro. Pawainya berkeliling makam.

Kalau pawai berisik, penghuninya terganggu dan bangun bagaimana ya? He he..

Tradisi Jelang Ramadan di Berbagai daerah Pulau Jawa

tradisi jelang ramadan di indonesia
image : orami.co.id

Masyarakat Jawa terkenal sebagai orang yang sangat memegang teguh tradisi di semua kehidupannya. Tidak terkecuali saat Ramadan tiba. Di beberapa wilayah Pulau Jawa akan diselenggarakan tradisi jelang Ramadan di bawah ini.

Nyadron atau Nyekar

Nyadron atau nyekar artinya berziarah ke makam leluhur. Beberapa hari atau minggu sebelum Ramadan biasanya kerabat dan keluarga datang ke makam orang yang dicintai untuk mendoakan, membersihkan, dan menaburkan bunga.

Munggahan

Munggahan merupakan tradisi orang Sunda.

Dalam tradisi ini keluarga, kerabat, atau teman berkumpul beberapa hari sebelum Ramadan untuk makan bersama. Di sini mereka akan saling meminta maaf sebagai persiapan jelang Ramadan.

Padusan

Ini mungkin merupakan tradisi yang paling unik di Pulau Jawa. Meski tidak ada hubungannya dengan ajaran Islam, kamu tetap harus menghormatinya.

Menurut tradisi Padusan di daerah Boyolali, Jawa Timur, mereka harus mandi dengan air keramat sebelum Ramadan tiba. Mandi menjadi simbol menyucikan diri lahir dan batin.

Nyorog

Nyorog adalah tradisi khas Betawi yang mewajibkan seorang yang lebih muda dalam keluarga datang dan mengunjungi orang yang lebih tua dan dituakan.

Ketika berkunjung, mereka harus membawa bingkisan sebagai tanda minta restu agar Ramadan berkah dan lancar.

Wah…Kalau kamu adalah bungsu dari banyak bersaudara dan orang tua yang juga anak bungsu, nggak kebayang berapa orang yang harus dikunjungi ya?

Dugderan

Dugderan menjadi pawai khas Semarang, Jawa Tengah yang sangat ditunggu. Pesta rakyat memukul bedug sambil berkeliling, ditambah tarian dan karnaval sudah ada sejak tahun 1881. Udah lama banget ya?

Cukup banyak ya tradisi jelang Ramadan berbagai suku di Indonesia? Tradisi yang harus dijaga kelestariannya sebagai lambang silaturahim. Yang penting, kamu menyambut Ramadan dengan sukacita. Apa tradisi keluarga dan kotamu?

Nani Herawati

Owner sebuah bimbingan belajar, penulis dan ibu rumah tangga dengan 6 orang anak. Pernah menulis beberapa buku pelajaran sekolah dan buku antologi. Saat ini aktif sebagai ghostwriter di beberapa media online dan lebih meminati dunia pendidikan anak.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed